Festival Kuliner Serpong 2017

Saji - - Varia Kuliner -

Festival Kuliner Serpong (FKS) telah kembali diselenggarakan tahun ini. Berbeda dengan tema pada tahun sebelumnya yang mengangkat budaya kuliner Jawa Timur, Summarecon Mall Serpong kali ini mengangkat budaya kuliner khas Jawa Barat melalui tajuk “Raos Pisan Euy”.

FKS di tahun ini diselenggarakan selama sebulan, mulai 10 Agustus hingga 10 Spetember lalu, di Summarecon Mall Serpong (SMS). Khusus untuk menggelar acara festival kuliner tahunan ini, SMS mengubah area parkir bagian selatan menjadi surga bagi para pencinta kuliner. Terdapat puluhan booth yang memanjakan pengunjung, dari kuliner khas Parahyangan hingga Nusantara, dengan dekorasi yang kental nuansa dan ciri khas Tanah Pasundan. Tak hanya ragam kuliner yang tersedia, SMS juga mengajak pengunjung untuk mengetahui lebih jauh budaya khas Jawa Barat, sesuai tema yang diangkat tahun ini. Seperti ditampilkannya seni musik, suguhan tariantarian seperti sisingaan maupun jaipong, hingga terdapatnya miniatur ikon Jawa Barat, yakni Gedung Sate. “Dari tahun ke tahun kami membuat event yang tak hanya fokus pada edukasi di bidang kuliner dan pengujung bisa icip-icip ragam makanannya saja, tapi kami juga berharap mereka tahu lebih jauh mengenai rumah adat, seni musik, hingga tarian khas Jawa Barat,” ujar Willy Effendy, Center Director Summarecon Mall Serpong.

Terdapat total 96 tenan kuliner di area FKS. Sebanyak 35 persen tenan menyediakan menu otentik asli Jawa Barat, seperti nasi jamblang Mang Dul, cireng Cipaganti, batagor Riri, liwetan Purwakarta, dan bakso Plakenut Cirebon yang mengisi booth utama di dekat pintu masuk utama.

Kendati mengangkat tema Jawa Barat, namun di FKS tersedia pula sejumlah makanan otentik dari daerah lain, seperti kue lekker, tongseng JaliJali, bebek ireng Suroboyo Cak Baz, es campur jelly Pluit “Acen”, pisang goreng pontianak “Asen”, pempek Kenari, dan masih banyak lagi.

Tak ketinggalan, bagi Sajiers yang ingin membeli sesuatu yang bisa dibawa pulang, tersedia bale-bale khusus yang menyediakan oleh-oleh khas Jawa Barat, seperti booth OlehOleh Pangestu dan Batik Trusmi Saestu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.