RAGAM Bawang

Saji - - Tentang - TEKS: RIYO J, FOTO: JERRY, VISUAL BELLA F.

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan untuk memasak, terutama masakan tradisional. Berbagai jenis bawang memiliki rasa dan manfaat yang berbeda-beda. Mari mengenal ragam bawang.

Jenis BAWAnG • Bawang Merah

Penggunaan bawang merah pada masakan tradisional Indonesia cukup dominan. Selain sebagai penguat rasa, bawang merah juga memberi aroma khas pada masakan. Iran dan Pakistan adalah negara asal bawang merah. Biasa tumbuh di area pegunungan. Bawang merah juga memiliki sifat antimikroba.

• Bawang Putih

Bawang putih sudah digunakan manusia selama lebih dari 7 ribu tahun, baik untuk memasak ataupun pengobatan. Aroma yang kuat dari bawang putih membuat aroma masakan jadi lebih harum, terutama dalam masakan Cina. Selain itu, bawang putih juga mengandung antibiotik alami.

• Bawang Bombay

Selain ukurannya lebih besar dari bawang lainnya, bawang bombay juga memiliki aroma yang khas bila dibandingkan bawang merah, dengan rasa yang sedikit manis. Biasa digunakan pada beragam masakan Cina dan hidangan barat. Selain rasanya yang enak, bawang bombay juga memiliki zat antikanker.

• Bawang Bombay Merah

Bawang Bombay memiliki variasi yang berwarna merah, selain yang berwarna putih dan paling sering kita gunakan. Kelompok bawang ini termasuk tanaman umbi lapis berwarna ungu tua dengan rasa dan bau paling lembut, sehingga kerap dikonsumsi dalam keadaan mentah seperti untuk salad, isi burger, saus salsa, dan pizza.

• Bawang Goreng

Bawang goreng biasanya terbuat dari irisan bawang merah yang digoreng kering. Banyak digunakan untuk taburan pada sajian aneka masakan tradisional, seperti soto, sup, opor, sate, bahkan nasi uduk. Berfungsi untuk meningkatkan cita rasa masakan.

• Bubuk Bawang Putih

Bawang putih yang dikeringkan dan dijadikan bubuk dan biasa digunakan sebagai pengganti bawang putih pada masakan tertentu. Seperti campuran tepung pada bahan pelapis ayam goreng tepung. Aromanya cukup tajam sehingga jumlah penggunaannya tak terlalu banyak.

• Acar Bawang Putih

Bawang putih direndam di dalam cairan asam agar lebih awet. Biasa digunakan untuk bumbu masakan, juga dapat dikonsumsi langsung sebagai obat. Acar bawang putih tersedia di supermarket atau dapat dibuat sendiri di rumah sesuai kebutuhan.

• Black Garlic

Bawang putih hitam adalah hasil fermentasi bawang putih, hingga berwarna hitam dan terkaramelisasi. Rasanya manis seperti sirop dengan aroma menyengat. Teskturnya seperti dodol, kenyal dan legit. Bawang putih hitam lebih diutamakan untuk pengobatan.

• Bawang Putih Goreng

Bawang putih yang diiris tipis lalu digoreng kering seperti bawang merah goreng. Dapat digunakan untuk bumbu masakan atau taburan dalam penyajiannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.