STRATEGI BERJUALAN Kue Khas Daerah

Saji - - Peluang Usaha -

Kendati tren kuliner datang silih berganti, namun pengusaha kuliner yang menawarkan kue-kue khas daerah selalu dicari. Apalagi jika menawarkan cita rasa otentik dan tak mudah ditemui di banyak toko kue.

Mengapa Berbisnis Aneka Kue Daerah?

Memiliki pangsa pasar cukup potensial, kendati segmen terbatas atau khusus.

Prospek ke depan cukup menjanjikan karena merupakan produk abadi dan tetap digemari, tak hanya tren sesaat saja.

Dengan meningkatkan daya saing usaha pada produk, harga , pelayanan, dan lokasi, diharapkan usaha kue daerah akan memberikan keuntungan dan mampu bersaing dengan usaha lainnya.

Strategi Daya Saing pada Produk

Aneka kue daerah yang laris adalah kue dengan rasa yang enak menurut segmentasi pembeli. Maka, , kenali cita rasa enak sesuai segmen yang dituju, bukan berdasarkan selera pribadi.

Desain kemasan usahakan semenarik mungkin, memiliki unsur eye catching, dan memungkinkan dengan desain yang lebih modern.

Memberikan sentuhan inovasi pada kue daerah selain original sebagai pilihan varian, sehingga menarik perhatian.

Beri sentuhan keunggulan pada bentuk dan dekorasi kue agar calon pembeli ingin mencoba dan membeli.

Strategi Daya Saing pada Harga Jual

Harga jual harus kompetitif. Artinya Sajiers harus menentukan harga yang mampu bersaing dengan usaha sejenis. Jangan memasang harga terlalu tinggi dari produk yang hampir sama.

Harga Jual boleh lebih tinggi dari pesaing, namun berikan nilai tambah. Misalnya, dari jumlah produk lebih banyak, bervariasi, pelayanan lebih baik, dan sebagainya.

Boleh menerapkan harga jual lebih murah dari pesaing, asalkan sudah dihitung untung dan ruginya, serta tetap punya keunggulan dari pesaing.

Harga Jual harus menguntungkan kedua belah pihak, penjual dan pembeli. Tetapkan harga jual dengan perhitungan sehingga penjual mendapat keuntungan dan pembeli merasa harga jual pantas dan senang membeli kue daerah buatan Sajiers.

Strategi Daya Saing Promosi

Sejak awal beri brand untuk usaha kue yang dikelola. Jika suatu saat usaha berkembang dan usaha memiliki pesaing, pembeli akan bisa membedakannya.

Buat logo menarik dan tagline yang mudah diingat. Usahakan ketika orang mengingat aneka kue daerah, yang diingat adalah nama usaha Sajiers karena tagline-nya.

Mencari cara promosi yang kreatif dan efektif untuk menarik pembeli.

Usahakan melakukan promosi saat produk sudah diuji coba dan unggul dalam cita rasa serta penyajian, agar tak mengakibatkan kekecewaan pada pembeli.

Strategi Daya Saing pada Lokasi

Desain lokasi penjualan semenarik mungkin, yang sesuai dengan konsep aneka kue daerah. Dekorasi tempat berjualan yang menarik tentu akan berperan besar mendongkrak penjualan.

Sajiers harus menjaga lokasi penjualan selalu bersih dan nyaman agar pembeli merasa tenang saat membeli kue.

Usahakan memilih lokasi sesuai segmen pembeli agar tak salah tempat. Lokasi yang tepat mempermudah penjualan.

Pilihlah lokasi dengan biaya sewa yang sudah diperhitungkan berbanding penjualan. Jika biaya operasional sewa lokasi tak tinggi, Sajiers bisa menjual kue dengan harga lebih murah dibandingkan pesaing karena beban biaya yang tak besar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.