Ingin Berjualan Aneka Kue Daerah Tapi Tak Cukup Modal

Saji - - Peluang Usaha - Niken Amalia – Makassar

Kebetulan daulu saya sering membantu orangtua membuat aneka kue daerah untuk dijual dan sering menerima pesanan. Sekarang, ilmu membuat kue dan sedikit pengalaman yang saya peroleh di masa lalu ingin saya teruskan dengan membuka usaha/toko kue sendiri. Namun setelah dihitung-hitung, saya tak memiliki tabungan yang banyak untuk modal usaha. Mohon masukan dan solusi dari Ibu. Terima kasih. Salam. Dear Ibu Niken,

Bisakah memiliki usaha dengan modal terbatas/ relatif kecil? Menurut Anda, kira-kira bisa tidak, ya? Memang tak bisa dipungkiri, usaha butuh modal. Sekecil apa pun bentuk sebuah usaha, pasti tetap butuh modal. Berarti, mungkinkah membuka usaha dengan modal terbatas? Intinya, bisa disiasati dengan cerdas.

Jika modal tak keluar dari kantong pribadi, berarti bisa pinjam pada pihak lain, bukan? Untuk usaha yang baru mulai, rasanya agak sulit mendapatkan modal pinjaman, terutama dari lembaga keuangan seperti bank. Mengapa?

Lembaga keuangan memiliki persyaratan yang perlu diketahui, yaitu bisa memberikan pinjaman jika sebuah usaha sudah berjalan dan menguntungkan selama minimal 2 tahun. Untuk usaha pemula, tentu sulit mendapatkan pinjaman dari pihak bank. Namun untuk pinjaman lembaga keuangan lain seperti koperasi dan penggadaian, masih memungkinkan. Namun Ibu jangan berkecil hati. Ibu bisa membuka usaha kue dengan caracara yang lain, tanpa harus meminjam uang pada pihak perbankan. Berikut ini beberapa masukan yang bisa menjadi solusi:

Modal Kreatif Maksimal

Jika sudah jelas Anda ingin buka usaha toko kue khas daerah, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mencatat apa saja yang menjadi kebutuhan usaha. Seperti lokasi, peralatan, bahan baku, dan sebagainya.

Kalau semua sudah dicatat dan dihitung jumlah modalnya namun modal tak cukup, bisa melakukan 2 cara. Pertama, mengurangi skala usaha yang kebutuhan modalnya lebih kecil. Contohnya, Anda ingin buka toko kue dengan sewa di mal, maka bisa diganti dengan toko on line terlebih dulu. Sehingga jelas mengurangi kebutuhan modal.

Kedua, memaksimalkan yang Anda punya. Contoh, untuk buka toko kue pasti butuh modal beli mesin dan alat-alat pajang, tetapi modal tak cukup. Anda bisa memulai dengan menjadi resller toko kue secara on line. Tentu modalnya relatif lebih sedikit. Tak butuh modal banyak, bukan? Yang penting kreatif, bisa, kok, buka usaha dengan memaksimalkan apa yang dimiliki.

Modal dengan Usaha Skala Kecil

Mengurangi skala usaha dengan kebutuhan modal yang lebih kecil. Selanjutnya, pilihlah kira-kira usaha apa yang modalnya kecil dan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jika Anda pilih usaha yang modalnya lebih besar dari kemampuan, Anda bisa mengutak-utik mengurangi modal awal dan menggantinya lebih kreatif.

Ada seorang murid saya yang tadinya ingin punya pabrik roti tapi urung karena modalnya besar. Ia lalu memulai dengan apa yang ada di rumah, seperti oven di atas kompor dan menguleni roti dengan tangan. Ia bisa memulai usaha cukup dengan modal Rp 30 ribu saja pada 2009. Dan pada 2012, ia sudah memiliki pabrik roti home industry yang sudah titip jual ke 70 warung. Luar biasa, ya?

Modal Kerjasama

Kerjasama usaha bisa dengan mencari pemodal potensial untuk usaha yang hendak dibuka. JIka Anda cari pemodal, belum tentu sang pemodal ingin ikut mengelola usaha. Tetapi bila partner kerja sama, kemungkinannya ia akan membantu Anda mengelola usaha bersama-sama.

Kerja sama usaha bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang tak punya cukup modal. Bisa saja Anda bermodal ide usaha dan jaringan penjualan, sementara sang partner bermodal uang untuk modal investasi dan modal kerja usaha.

Untuk operasionalnya, Anda bertugas di bagian produksi dan penjualan, sementara sang partner mengelola tenaga kerja dan keuangan usaha. Jika solusi ini jadi pilihan, buatlah perencanaan usaha dan carilah partner usaha sesuai kebutuhan usaha.

Usaha Titip Jual

Usaha berjualan kue tak selalu harus membuka toko kue. Anda bisa memulainya dengan membuat aneka kue daerah di rumah dan dengan peralatan yang ada. Namun untuk menjualnya, tak harus buka toko yang tentunya membutuhkan biaya besar, untuk menyewa dan penyediaan peralatannya.

Anda bisa menitipkan aneka kue yang Anda buat di toko-toko yang menerima kue titipan. Nah, dengan melakukan titip jual, maka modal yang dibutuhkan hanya untuk produksi dan pembuatan produk kue. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.