Ny. Lim Kue Basah & Kering

Saji - - Inspirasi -

Kue Manis 3 Lapis Khas Bangka

081385553321

Bangka memiliki salah satu kue khas yang rasanya legit. Yakni kue jongkong, seperti yang dibuat Lim Tjhoen Moi (52). Kudapan manis yang disajikan dalam cup ini terdiri dari 3 lapis. Lapisan paling bawah merupakan cairan gula, lalu bagian tengah dan atasnya adonan hijau dan putih yang bertekstur kental, mirip bubur sumsum.

Adonan putihnya, kata Lim, terbuat dari tepung beras, sagu, santan, dan garam yang dimasak hingga agak kental. Sedangkan adonan hijaunya, Lim menambahkan pewarna alami dari daun suji dan pandan yang dimasak hingga mengental. “Saya tambahkan juga kapur sirih untuk menambah aroma dan memperkuat warna adonan hijaunya,” imbuh Lim.

Sebagai pemanis yang berada di dasar cup, Lim mencampur irisan gula jawa dan gula putih yang dicairkan. “Setelah gula masuk cup lalu ditambahkan adonan adonan hijau dan putih, kue dikukus 15 menit menggunakan api kecil,” paparnya.

Kue khas Bangka ini bisa dinikmati saat masih hangat maupun dingin. Satu cup kue jongkong harganya Rp 5 ribu. “Minimal pembelian 25 cup dan pesan 1 hari sebelumnya,” saran Lim, yang juga menerima pesanan makanan khas Bangka lainnya, seperti laksa, lapis legit, bolu gulung selai nanas, tahu kok, hingga pempek kuah cuko merah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.