Aneka Merica

UNTUK MEMASAK

Saji - - Tentang - TEKS: RIYO J L | TATA SAJI: DWIYANA | FOTO: BAYU | VISUAL ARIN

Merica merupakan salah satu jenis bumbu yang pasti selalu ada di dapur Sajiers. Apalagi merica termasuk bumbu yang paling sering digunakan saat memasak. Namun tahukah Sajiers, merica yang bisa kita gunakan untuk memasak tak hanya merica putih dan merica hitam saja, lo! Masih ada beberapa jenis merica lainnya. Apa saja jenisnya? MERICA PUTIH

Biji dari tamanan bernama latin Piper albi linn ini dimanfaatkan dalam bentuk kering. Berbentuk butiran kecil dengan warna putih agak kuning dan abu-abu, dengan tekstur padat dan rasa yang pedas dan hangat. Butiran merica putih biasanya dihaluskan dahulu sebelum digunakan. Sebaiknya sangrai dahulu merica sebelum dihaluskan agar aromanya semakin kuat dan membantu masa penyimpanan.

MERICA HITAM

Seperti namanya, butiran biji merica hitam memang memiliki warna yang hitam dengan permukaan kulit yang kasar. Merica hitam biasanya ditumbuk kasar. Aromanya lebih pekat dan kuat dan dengan tingkat kepedasan lebih rendah dibandingkan dengan merica putih.

MERICA HIJAU

Merica hijau merupakan merica muda yang dijual dalam keadaan segar atau sudah dikeringkan. Warnanya memang tampak kehijauan dan biasa digunakan untuk membuat saus pada resepresep masakan khas Eropa.

MERICA SZECHUAN (SICHUAN)

Merica ini berasal dari salah satu wilayah provinsi di negeri Tiongkok, yaitu Szechuan (Sichuan). Merica ini memiliki rasa pedas menyengat dengan aroma yang khas, berbeda dengan merica putih atau mertica hitam. Selain banyak digunakan langsung sebagai bumbu masakan, merica szechuan juga menjadi salah satu unsur bumbu utama pada campuran bumbu ngohiong.

ANDALIMAN

Berbeda dengan jenis merica lainnya yang memanfaatkan bagian bijinya, andaliman merupakan bagian terluar kulit buah yang memiliki rasa pedas menggigit, serta aroma segar yang sangat khas dan sulit tergantikan. Andaliman juga kerap disebut merica batak karena banyak tumbuh di Sumatera Utara dan digunakan sebagai bumbu utama pada sejumlah masakan khas suku Batak.

MERICA PINK

Merica pink atau populer disebut pink peppercorn ini memang memiliki warna biji merah muda yang cantik. Namun di balik warna cantiknya, tersembunyi rasa pedas yang hangat. Merica pink ini banyak digunakan pada beragam masakan khas Italia atau Brazilia, yang menyumbangkan sentuhan rasa pedas. Di Indonesia, penggunaannya belum terlalu banyak dan hanya bisa didapatkan di supermarket yang menjual bahan-bahan impor dalam bentuk kering di dalam kemasan botol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.