Dear Adik Andini,

Saji - - Peluang Usaha -

Semasa masih kuliah, saya juga sudah mulai melakukan jual beli atau buka usaha kecil. Jika ditanya, mungkinkah siswa kuliah bisa sambil menjalankan usaha? Jawabannya, mungkin saja. Namun tentu akan berbeda dengan mahasiswa lain yang hanya fokus kuliah. Terutama Anda, akan jadi lebih capek karena sehabis kuliah masih harus mengelola usaha.

Untuk lebih meringankan beban ini, Anda bisa mencari karyawan yang membantu ketika Anda kuliah. Dengan kerja cerdas, tentu Anda akan meraih banyak hal, seperti contoh di bawah ini:

1. Mendapat Penghasilan di Usia Muda

Menjadi pengusaha tentu harus ada sesuatu yang ditawarkan/dijual. Produk yang Anda tawarkan adalah nasi soto masa kini. Jika si pengusaha melakukan perhitungan keuangan yang tepat, dari modal pokok produk/jasa, menetapkan harga jual, dan mengetahui besaran perhitungan keuntungan tiap unit produk/ jasa yang dijual, tentu akan meraih keuntungan ketika produknya banyak terjual.

Dengan keuntungan penjualan yang diraih setiap hari dan dikumpulkan setiap bulannya, tentu saja si pengusaha akan mendapatkan penghasilan tiap bulannya.

Contoh: jika dalam sehari si pengusaha bisa menjual 100 mangkuk/porsi soto dan keuntungan dari tiap porsi Rp 5 ribu, maka dalam sehari ia bisa mendapat keuntungan kotor Rp 500 ribu. Jika ratarata ia berjualan 100 porsi soto setiap hari dan berjualan selama 20 hari dalam sebulan, maka ia akan meraih keuntungan Rp 10 juta. Lumayan, bukan?

2. Memiliki Jaringan Luas

Jika memilih menekuni dunia usaha, Anda akan berkutat di lingkungan seputar usaha yang dijalani. Sejak muda Anda akan mendapat jaringan (networking) seputar bidang usaha yang digeluti. Anda pun mulai bisa mengetahui siapa dan di mana saja tempat pembelian bahan baku yang harganya bersaing dan berkualitas, serta supplier mana saja yang profesional.

Selain itu, Anda bisa mulai mendapatkan pelanggan satu demi satu. Jika di awal belum bisa mendapatkan pembeli sama sekali, namun kemudian pembeli mulai berdatangan. Jika para pembeli puas dengan produk yang Anda jual, mereka akan m e rekomendasi kan nya ke keluarga dan kenalannya.

Jika banyak orang puas dengan produk dan pelayanan usaha yang dijalani, maka semakin lama Anda akan mendapat banyak pelanggan. Dengan begitu, jaringan (networking) pelanggan semakin luas. Maka, kemungkinan melakukan penjualan kian besar. Inilah salah satu keuntungannya jika memulai usaha sejak muda, Anda akan lebih banyak meluaskan jaringan usaha sejak dini.

3. Sejak Muda Melatih Sikap & Mental Sukses Sejak Muda

Tak ada pengusaha yang langsung sukses sejak lahir. Memang ada yang terlahir langsung kaya karena orang tuanya kebetulan kaya raya. Namun orang tua yang kaya raya belum tentu bisa menjamin anaknya akan sukses di kemudian hari. Begitu pula sebaliknya, orang tua yang tak kaya bisa saja memiliki anak yang sukses.

Salah satu kunci kesuksesan di dalam usaha adalah memiliki sikap dan mental pengusaha yang sukses. Jika ingin jadi pengusaha sukses, Anda harus melatih sikap mental jadi pengusaha yang sukses. Salah satunya, mental pantang menyerah disertai sikap gigih setiap hari dalam menjual produk usaha.

Dengan sikap mental ini, akan membuahkan hasil pada waktunya. Jika Anda mengalami kegagalan beberapa kali saat berjualan lalu berhenti, maka kesuksesan akan sulit diraih. Dengan melatih sikap mental pengusaha sejak dini, kelak Anda bisa jadi pengusaha yang tangguh dan terus berkembang.

Tentang sikap mental apa saja yang perlu dilatih untuk jadi pengusaha sukses, akan dijelaskan secara terperinci pada poin “Melatih Mind Set Pengusaha” di edisi berikutnya.

4. Banyak Waktu Belajar dari Kegagalan

Anda yang ingin mulai berwirausaha sejak muda akan lebih beruntung dibandingkan yang mulai usaha di usia dewasa atau di atas 40 tahun. Di dalam dunia usaha, tak ada yang bisa menjamin keberhasilan usahanya. Akan selalu ada hambatan, kendala, bahkan mengalami kegagalan.

Jika Anda memulainya sejak muda lalu mengalami kegagalan, masih banyak waktu untuk memperbaiki dan mengubah kegagalan jadi keberhasilan. Di samping itu, Anda pun masih punya banyak tenaga dan belum banyak beban, seperti halnya pria/wanita yang sudah berkeluarga.

Anda pun masih bisa bergerak lebih cepat dan agresif karena masih punya tenaga muda dan lajang. Inilah keuntungan yang sebaiknya dipertimbangkan oleh Anda untuk memulai usaha sejak usia muda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.