Soto Eropa

Saji - - Inspirasi -

PARUTAN KEJU JADI ISI UTAMA SOTO

Jl. Transito No. 7, Surakarta 081239512461 @sotoeropa

Pada umumnya soto disajikan dengan suwiran daging sapi atau ayam. Namun bertolak belakang dengan soto ala kedai Soto Eropa yang berlokasi di Surakarta. Soto kreasi pria bernama Herri Maulana Yulistianno ini, justru memadukan soto dengan toping keju!

Herri berkisah, ide menyajikan soto dengan keju ini berawal dari keinginannya menampilkan sajian soto yang berbeda dari biasanya. “Saya terpikir, kalau berjualan soto yang betul-betul khas atau tradisional, pasti sulit. Apalagi banyak pedagang soto yang sudah terkenal,” cerita Herri.

Dari situ lah Herri bersama sang istri menguji coba idenya, dengan menampilkan soto bertoping keju. Hanya perlu 3 hari bagi Herri untuk menemukan rasa soto sekaligus komposisi bahan isi yang tepat. Kendati terbilang cepat, ia mengaku sempat mencoba beberapa merek keju untuk mendapatkan cita rasa yang sesuai.

“Sebelum kejunya saya sajikan dengan cara diparut di atas sotonya, saya juga pernah saya coba menyajikan kejunya dalam bentuk kotakkotak. Tapi ternyata tidak cocok,” imbuhnya seraya mengatakan, usaha Soto Eropa dimulainya sejak 1 tahun silam.

Di samping parutan keju, semangkuk soto ala Soto Eropa juga diberi tambahan lain, yakni jamur tiram yang digoreng krispi, sosis, kecambah, plus seporsi nasi. Soto unik ini dihargai Rp 12.500 per porsi. Setiap harinya, kedai yang beroperasi pukul 15.00-24.00 WIB ini, rata-rata menghabiskan 2030 mangkuk soto keju per hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.