DINI AMINARTI & CIREBON CINNAMON

Saji - - Halaman Depan - TEKS: ANIZA P. I FOTO: DOK. PRIBADI I VISUAL ARIN

Tak memiliki latar belakang di bidang kuliner, khususnya membuat kue, tak membuat artis cantik Dhini Aminarti Maulana (35), ragu untuk membuka usaha kue. Berkat dukungan sang suami dan orang-orang terdekatnya, Dhini pun percaya dini memasarkan Cirebon Cinnamon yang bisa dijadikan oleholeh dari daerah. Yuk, simak kisah Dhini dalam membangun bisnis kulinernya!

Aktris cantik kelahiran 29 Mei 1983 ini akhirnya mantap mendirikan usaha kuliner. Beruntung ia didukung oleh sang suami, Dimas Seto. Usaha kue yang dijalaninya diberi nama Cirebon Cinammon. Tentu bukan tanpa alasan aktris yang pernah tampil di film Cinta Laki-Laki Biasa ini memilih usaha kuliner. Ia mengakui, bersama sang suami memang sangat suka berwisata kuliner.

“Saya dan Mas Dimas memang sangat suka berwisata kuliner. Hingga suatu kali kami terpikir untuk membuka usaha kuliner saja,” ujar aktris bertinggi badan 173 cm ini. Aktris yang kini berhijab ini juga mengakui, sudah sejak lama memiliki impian untuk membangun sebuah usaha yang lekat dengan kegemarannya.

“Memang sudah sejak lama saya sudah bermimpi untuk punya usaha kuliner sendiri. Awalnya sempat bingung, kira-kira mau buka usaha makanan apa, ya?” ungkapnya sambil melanjutkan, “Alhamdulilah sejak tahun lalu terwujudlah cita-cita membuka toko kue Cirebon Cinnamon.”

Ide membuka toko kue ini diperkuat dengan alasan sang suami memang sangat suka makan cake. Dan setelah berhasil membuka usaha cake, Dhini juga mengembangkan usahanya dengan menjual produk lain, yang masih berkaitan dengan kuliner.

Kali ini pilihannya jatuh ke produk minuman, yakni UFit Lemon. Uniknya UFit Lemon ini, memiliki fungsi layaknya buah lemon. UFit Lemon dapat diaplikasikan untuk mengolah berbagai sajian, seperti dicampurkan ke dalam teh, hingga di dalam kuah soto.

BERKALI-KALI UJI RESEP

Kendati banyak sekali kalangan selebritas Tanah Air membuka usaha kuliner serupa, yakni cake aneka rasa dan sajian, Dhini ternyata justru terpikir untuk membuat usahanya terlihat berbeda dari cake ala selebritas lainnya. Tujuannya, tentu saja agar pembeli memiliki lebih banyak pilihan dan tertarik mencoba.

Bahkan di balik usaha cake-nya ini, Dhini ternyata sangat memikirkan konsep hingga resep yang ingin ia sajikan agar cake-nya semakin laku di pasaran.

“Saat itu sudah banyak teman-teman yang memilih menjalankan bisnis kue. Tapi saya berpikir lagi, harus ada hal yang bisa membedakan cake saya dengan yang lain,” ungkapnya sambil melanjutkan, “Sehingga saya benar-benar mencari sendiri resepnya sampai didapat resep yang terbaik.”

Dhini bercerita, untuk mendapatkan resep seperti yang sekarang ini, ia bahkan sampai harus melakukan uji coba resep sebanyak 3-4 kali. Ia pun tak segan menanyakan pendapat kepada orang-orang terdekatnya.

“Untuk mengetes rasa cake-nya apakah sudah enak atau belum, tentu harus saya beri ke orang lain. Beberapa kali saya beri tester cake ke beberapa orang untuk dimintai testomninya. Apakah rasanya sudah pas, ada yang kurang atau tidak,” ungkap Dhini.

Dari upayanya yang pantang menyerah itu, lahirlah beberapa menu cake yang dijamin menggugah selera. Sebut saja varian halzenut crispy atau cinnamon cake yang dipadukan kacang hazel dan cokelat crispy. Perpaduan rasa manis dan gurihnya melebur menjadi satu ketika cake ini disantap. Ada pula varian lain yang tak kalah menggoda, misalnya vanilla Oreo atau cake dengan filling vanilla dan toping Oreo. Sekali gigit saja, kombinasi rasa vanilla dan biskuit Oreo-nya langsung berpadu sempurna di mulut.

6 VARIAN KUE

Dhini juga menyajikan varian apple cinnamon, yang mengombinasikan buah apel segar dan aroma cinnamon yang khas. Juga tiramisu yang memadukan tekstur kue nan lembut dengan rasa dan aroma kopi serta keju yang kuat.

“Saya sengaja menyediakan beragam varian rasa cinnamon cake yang bisa diterima di masyarakat, khususnya di daerah Cirebon. Saat ini total ada 6 varian rasa cake yang sudah saya luncurkan. Yakni apple cinnamon, hazelnut crispy, extra cheese, cokelat, durian, dan tiramisu” ujar Dhini yang menjual kuenya mulai Rp 55 ribu per buah.

Outlet Cirebon Cinnamon milik Dhini saat ini berlokasi di Jl DR Cipto Mangunkusumo No. 79, Cirebon, Jawa Barat. Tak hanya menawarkan cinnamon cake saja, Dhini juga membuka kesempatan kepada pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) dan para pengusaha kuliner lain yang ingin bergabung dan menjajakan produknya di outlet Dhini.

Saat ini, sudah ada beberapa produk dari pengusaha kuliner lokal yang sudah ikut bergabung dan meramaikan outlet milik Dhini. Dari kopi khas Cirebon, kerupuk udang,, simping, hingga batik pesisir khas Cirebon yang bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah bagi Sajiers yang bertandang ke

Cirebon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.