Ulas Tuntas

Saji - - Sapa -

Dalam bahasa aslinya, Italia, frittata memiliki arti diaduk sambil digoreng. Namun sebetulnya tidak berarti digoreng di dalam rendaman minyak yang banyak. Wajan yang digunakan cukup diolesi minyak sedikit saja.

Orang Italia membuat frittata dengan cara memasak mirip omelet. Beberapa butir telur yang digunakan diaduk lalu diberi bahan pelengkap seperti irisan kecil sayuran, paprika, kentang, hingga daging giling lalu wajan ditutup sampai adonan matang dan membentuk bulat seukuran wajan yang digunakan.

Tidak ada aturan baku mengenai bahan pelengkap yang digunakan untuk membuat frittata klasik sekali pun. Sehingga Sajiers bebas menggunakan bahan-bahan pelengkap lainnya, selain tentu saja telur. Bahkan daging gilingnya boleh ayam, sapi, atau bahkan seafood.

Oleh karena bahan utamanya telur dan pada umumnya olahan telur yang tinggi protein disajikan sebaga menu sarapan praktis dan simpel, orang Italia pun kerap menyajikan frittata untuk menu sarapan atau brunch yang cukup mengenyangkan.

Tampilannya sekilas mirip omelet atau quiche dengan bahan utama telur. Hidangan khas Italia yang pas disajikan untuk sarapan ini bisa kita kreasikan bahan pelengkapnya. Agar lebih padat, tambahkan kentang yang telah dikukus, sayuran, serta daging giling. Telur ayamnya pun bisa kita ganti dengan telur bebek, yang pasti menghasilkan cita rasa lebih gurih.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.