Eropa TUJUH TEMPAT SINGGAH

Selamat datang di Kepulauan Medes, salah satu suaka laut paling mewah di Eropa

Scuba Diver (Indonesian) - - HALAMAN DAPAN - Oleh Rui Guerra

Dilindungi lebih dari 20 tahun, kepulauan ini adalah permata Mediterania

Di bagian utara Mediterania lepas pantai Spanyol, terdapat sebuah kepulauan kecil yang menjadi salah satu destinasi selam paling sering dikunjungi di Eropa.

Hanya satu mil dari pelabuhan desa nelayan L’Estartit di provinsi Girona di Spanyol (dalam Daerah Otonomi Cataluña), Kepulauan Medes terdiri dari tujuh pulau kecil. Dua pulau terbesarnya adalah Meda Grande dan Meda Pequeña. Topografi kepulauan ini menjadikannya tempat bernaung bagi kehidupan di Mediterania yang luas.

KELIMPAHAN TERLINDUNG

Berada begitu dekat dengan L’Estartit tidaklah mengherankan jika kawasan ini dulunya adalah tempat perikanan utama selama beberapa generasi. Dengan segera, para ilmuwan meneliti dan mengerti pentingnya kekayaan biologis di kepulauan ini. Namun, baru pada tahun 1990, diikuti dengan proposal yang dibuat oleh Federasi Spanyol untuk Kegiatan Bawah Air, Kawasan Lindung Kepulauan Medes dibentuk. Tempat ini menjadi salah satu Kawasan Lindung Laut (Kidung Laut) paling penting di Mediterania.

Dua puluh tahun kemudian, di tahun 2010, kawasan terlindung ini terintegrasi ke dalam Taman Alam Montgrí, Islas Medas, dan Baixo Ter yang lebih luas, dan secara signifikan memperluas kawasan terlindung dan memfasilitasi pengelolaan serta pelestarian lingkungan yang lebih terintegrasi dan berkesinambungan.

SESUATU UNTUK SEMUA ORANG

Ada sebuah pusat selam di L’estartit yang dapat mengakomodasi pilihan pribadi serta tingkat kenyamanan yang Anda inginkan. Mulai dari kapal besar sepanjang 20 meter dengan lift untuk keluar-masuk tanpa susah-payah, hingga perahu tiup yang kaku dengan panjang tujuh atau delapan meter yang memberikan pengalaman lebih personal dan santai bagi grup kecil.

Ada situs selam bagi semua selera, mulai dari dinding vertikal yang jatuh ke kedalaman, hingga ke teluk dangkal dan teduh, serta gua

SEARAH JAM DARI KIRI: Terumbu karang berwarna-warni menghiasi dinding laut; Ikan kerapu raksasa tidak takut oleh penyelam; Blennie berwarna mencolok sembunyi di lubang”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.