# briefing

Scuba Diver (Indonesian) - - HALAMAN DAPAN -

IKAN BUTUH TEMAN

Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam The Proceedings of the National Academy of Sciences menunjukkan bahwa ikan makan lebih banyak ketika dikelilingi oleh ikan lain.

Peneliti membuat analisis detail dan kompleks mengenai perilaku ikan di sejumlah lokasi di Polinesia Perancis, dan menemukan bahwa perilaku berkelompok tidak hanya mempengaruhi pola makan ikan, tetapi juga mempengaruhi pola pergerakan mereka di antara terumbu karang.

Studi tersebut menyimpulkan dua hal: Pertama, ikan merasa aman dari predator ketika ada sekumpulan ikan lain di area tersebut; dan kedua, perilaku “meniru” adalah penyemangat penting dalam kegiatan di bawah air.

Ikan herbivora memiliki peran vital di terumbu karang, yaitu menjaga alga agar tidak merajalela. Penelitian ini memberikan pencerahan tentang betapa pentingnya populasi ikan yang sehat untuk kesehatan terumbu karang.

MEMBUANG SAMPAH

Program lingkungan PBB baru saja meluncurkan kampanye Laut Bersih yang bertujuan menghilangkan plastik mikro (umumnya ditemukan di dalam produk kosmetik) dan produk plastik sekali pakai – dua sumber sampah lautan terbesar dunia.

Plastik merupakan kekhawatiran besar yang memengaruhi ratusan spesies laut (termasuk burung laut) melalui saluran pencernaan akibat tertelan atau terbelit.

Menurut Mongabay, 10 negara telah bergabung dalam kampanye tersebut, dan Indonesia berjanji untuk mengurangi sampah lautan sebanyak 70% pada tahun 2025. Negaranegara lain juga mulai meloloskan UU antiplastik, dan lebih banyak orang yang sadar akan kerusakan besar-besaran akibat sampah. Kampanye ini bisa menjadi titik balik dalam adiksi plastik kita.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.