SPONS LAUT

MENYERAP SEMUANYA

Scuba Diver (Indonesian) - - HALAMAN DAPAN -

Seekor binatang yang jarang dihargai: Spons ternyata makhluk kecil super yang menyaring air laut agar lautan tetap bersih!

Spons laut adalah salah satu organisme multiseluler hidup paling sederhana di dunia. Organisme ini sudah ada di Bumi sejak 500 juta tahun yang lalu. Ada lebih dari 5.000 spesies yang teridentifikasi – 200 di antaranya dapat ditemukan di air tawar.

Orang Yunani kuno menyebut makhluk aneh ini sebagai “Zoofitan” – suatu kategori unik spesies laut – yang secara harfiah berarti sebuah organisme “setengah tanaman, setengah binatang”. Bahkan, hingga hari ini spons laut masih sering disalahartikan sebagai terumbu karang atau tanaman; organisme ini tidak memiliki fitur yang biasanya kita asosiasikan dengan binatang hidup, seperti otak dan jantung. Namun, terlepas dari penampilannya yang tidak menarik, spons sebenarnya adalah makhluk penting, dinamis, dan menakjubkan.

Tubuh spons terdiri dari dua lapisan luar yang kokoh dengan lapisan mirip jeli di antara kedua lapisan tersebut yang disebut “mesohil”. Dari struktur sederhana ini, spons berkembang ke dalam bentuk, ukuran, warna, dan tekstur yang beragam. Bagaimanapun juga, semua spons memiliki karakteristik yang luar biasa…

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.