Tanya Ahlinya MENGAPA LAUT BERWARNA BIRU?

Menjawab pertanyaan yang malu Anda tanyakan

Scuba Diver (Indonesian) - - HALAMAN DAPAN -

Meskipun air dalam jumlah sedikit terlihat jernih dan tidak berwarna, tapi air dalam jumlah yang lebih besar terlihat biru. Kenapa ya?

Semua warna merupakan hasil penyerapan beberapa bagian spektrum cahaya (putih) yang tampak, dan memantulkan yang lain. Bagian spektrum yang dipantulkan kembali ke kita memberikan obyek warna tersendiri.

Namun, bagaimana sesuatu yang terlihat tidak berwarna, seperti air, juga memiliki warna intrinsik?

Apa yang kita lihat sebagai warna air disebabkan oleh pantulan warna langit, dan warna tersebut juga akan bergantung pada ketidakmurnian atau partikel yang tertahan. Namun, air juga menyerap, memantulkan, dan menyebarkan cahaya. Molekul air lebih mudah menyerap warna dengan panjang gelombang yang lebih panjang dibanding panjang gelombang yang lebih pendek. Cahaya berwarna merah, jingga, kuning, dan hijau memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dibanding dengan cahaya pada ujung spektrum biru. Maka, cahaya biru yang tidak terserap, dipantulkan kembali oleh molekul air dan membuat air berwarna biru.

Inilah mengapa warna air menjadi semakin dalam dan gelap: Kolam renang dengan permukaan berwarna putih akan terlihat berwarna pirus terang dan perairan dangkal berpasir putih terlihat hijau kebiru-biruan, sedangkan air laut dalam dan jernih akan terlihat berwarna biru indigo gelap karena cahaya biru menembus jauh ke dalam kolom air dan terus dipantulkan dan berserakan di sepanjang proses, yang terus menekankan warna biru pada badan air.

Namun, kejernihan air laut pun bervariasi. Partikel yang tertahan di dalam air dapat meningkatkan penyebaran cahaya. Pasir dan endapan lumpur yang terbawa ke lautan dari sungai, atau tersapu dari dasar laut oleh gelombang dan badai, dapat memengaruhi warna perairan pesisir. Dan sisa-sisa organik seperti tanaman yang membusuk – dikenal oleh ilmuwan sebagai coloreddissolvedorganicmatter – juga dapat memperumit gambarannya dengan penambahan warna hijau, kuning, atau cokelat.

Fitoplankton juga bertanggung jawab mengubah warna badan air. Fitoplankton menyerap radiasi elektromagnetik bagian merah dan biru dari spektrum cahaya yang terlihat, dan memantulkan cahaya hijau sehingga air yang terlihat sangat hijau kemungkinan besar penuh oleh plankton atau alga.

Molekul udara juga menyerap cahaya merah dan memantulkan cahaya biru sehingga proses yang sama juga bertanggung jawab atas warna langit yang biru!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.