Pertama Kali MENYELAM DI KAWASAN LINDUNG LAUT

Scuba Diver (Indonesian) - - HALAMAN DAPAN -

1 Jernih

Bersiap-siaplah untuk takjub – Kawasan Perlindungan Laut ( MarineProtectedArea - MPA) yang dikelola dengan baik akan menjadi salah satu lingkungan bawah air paling cantik yang pernah Anda lihat, dengan lebih banyak ikan dan kehidupan laut yang beragam. Ini adalah dunia bawah air sebagaimana semestinya.

2 Terus berubah

Anda tidak akan pernah bisa melihat situs selam dengan cara yang sama, dan kemungkinan besar sikap Anda terhadap dunia bawah air pun akan berubah, dan perlindungan bagi dunia ini pun juga turut berubah ke arah yang lebih baik. Bersiap-siaplah untuk menjadi agen perubahan positif!

3 Jadilah yang terbaik

Sebagian besar MPA yang dijalankan dengan baik memiliki aturan ketat untuk penyelaman, baik di darat, di atas kapal, maupun di bawah air. Namun, janganlah berkecil hati karena ini merupakan cara untuk memastikan bahwa kawasan tersebut senantiasa sehat, dan aturanaturan ini haruslah diterapkan di mana pun Anda menyelam.

4 Hak istimewa tidaklah murah

Beberapa Kidung Laut memungut tarif khusus untuk menyelam di sana, dan uang ini semestinya kembali ke pengelolaan taman laut. Bersiaplah untuk berkontribusi dalam cara yang nyata untuk pelestarian tempat-tempat menakjubkan ini.

5 Keseimbangan itu perlu

Kemampuan mengapung yang baik adalah sahabat Kidung Laut dan juga Anda. Mengapung dengan baik akan memastikan bahwa Anda dapat bersenang-senang selama menyelam, dan bahwa Anda tidak akan ceroboh merusak terumbu karang – tentu saja Anda tidak boleh secara sengaja melakukannya.

6 Sedikit itu banyak

Beberapa MPA, seperti Sipadan di Malaysia, memiliki kuota jumlah penyelam yang diizinkan di situs selam tertentu setiap harinya. Pastikan Anda mengecek dan mendapatkan izin selam di awal agar tidak kecewa.

7 Jangan beri makan

Jangan memberi makan ikan. Titik. Memberikan ikan makanan mengganggu keseimbangan alami ekosistem dan menghalangi ikan herbivora memakan alga yang perlu dikontrol.

8 Ramah lingkungan

Bawalah sampo dan sabun ramah lingkungan ketika bepergian – deterjen non-biodegradable memiliki dampak negatif terhadap dunia perairan. Jadilah orang yang baik!

9 Penduduk setempat

Banyak pengelolaan Kidung Laut yang baik melibatkan dan memberdayakan komunitas setempat. Perkayalah pengalaman Anda dengan berpartisipasi!

10 Sebar luaskan

Anda wajib memberi tahu teman-teman Anda tentang halhal menakjubkan yang telah dilihat – mereka akan iri, tetapi jangan biarkan rasa iri tersebut menghentikan Anda dari membagi pengalaman dan menyebarkan rasa cinta terhadap kawasan lindung!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.