“SIGNING BLUE” WWF INDONESIA

Scuba Diver (Indonesian) - - LIPUTAN SIGNING BLUE WWF -

Pariama Hutasoit WWF Indonesia

lalu WWF Indonesia mengadakan pelatihan asesor Signing Blue di kota Ambon, Maluku. Kegiatan ini didukung oleh USAID SustainableEcosystem Advance (SEA) Project dan diikuti oleh sepuluh peserta yang berasal dari berbagai latar belakang seperti dosen, aktivis lingkungan, penyelam dan fotografer bawah laut, serta para profesional dari bidang lain yang dinilai memenuhi kriteria menjadi asesor.

SigningBlue merupakan wadah yang ditujukan bagi wisatawan dan penyedia jasa pariwisata untuk ikut berperan dalam pemeliharaan sumber daya alam. Program ini mendorong pemerintah, pelaku bisnis, serta masyarakat untuk memanfaatkan sekaligus mengamankan aset bahari demi mewujudkan sistem kepariwisataan yang ramah lingkungan. SigningBlue juga mengembangkan program pemberian penghargaan Starfish bagi pelaku usaha pariwisata yang sudah teruji dan terbukti memenuhi indikator pariwisata berkelanjutan.

Indarwati Aminuddin, NationalCoordinator ofResponsibleMarineTourismProgram dari WWF Indonesia, menjelaskan bahwa SigningBlue mengusung konsep businessforconservation. “Tujuannya adalah menjaring komitmen dari wisatawan dan penyedia jasa wisata untuk bersama-sama mendorong gerakan konservasi, melalui praktik bisnis dan aktivitas wisatawan yang digerakkan secara berkelanjutan, berkeadilan serta membawa keuntungan setara bagi komunitas-komunitas lokal,” ujarnya. Targetnya sendiri diproritaskan pada sejumlah penyedia jasa wisata dari kategori operator, triporganizer, pengelola akomodasi, pengelola transportasi, jasa kuliner, jasa pemandu, hingga penyedia suvenir lokal.

Para asesor SigningBlue dibekali sejumlah pengetahuan untuk menilai pelaku usaha wisata yang hendak bergabung menjadi anggota. Para asesor juga diberi pelatihan mengenai tata cara penggunaan berbagai alat penilaian SigningBlue, serta panduan untuk menempatkan diri mereka sebagai penilai yang independen.

Dalam menilai para penyedia jasa wisata,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.