DARI EDITOR

Scuba Diver (Indonesian) - - CELEBRATING SHARKS -

Kapankah waktu yang tepat untuk menegaskan pentingnya keberadaan hiu? Jawabannya adalah: sekarang. Ketika International Union for Conservation of Nature (IUCN) sudah mengumumkan 11 spesies hiu sebagai “Critically Endangered”, 15 spesies “Endangered”, 48 spesies “Vulnerable”, dan 67 spesies sebagai “Near Threatened”, kita tidak bisa membuang-buang waktu lagi.

Sementara para aktivis dan kelompok-kelompok konservasi bekerja di luar sana untuk melindungi hiu secara langsung, di sini kami akan menggelar “pesta” untuk para hiu dalam Collector’s Edition: Celebrating Sharks— merayakan keindahan dan kekuatan hiu, seraya memberi dukungan atas kedaulatan mereka di alam liar. Melalui “perayaan” ini kami berharap para hiu bisa terbebas dari stereotip-stereotip buruk dan terlindung dari aksi perburuan yang kejam.

Di halaman-halaman berikut, Anda akan bertemu dengan berbagai jenis hiu mulai dari yang terkecil, tergesit, paling ramah, dan paling langka di dunia; dari hiu putih yang menakjubkan sampai hiu dogfish yang amat menggemaskan. Anda juga bisa melihat lokasi “rumah para hiu” yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia (hlm. 68), serta kegiatan harian para penggiat konservasi hiu (hlm.74) yang beraneka rupa tapi mengusung satu visi yang bulat, yakni: menyelamatkan para hiu.

Pepatah mengatakan, “apicturespeaksathousandwords”. Jadi, mari kita biarkan gambar-gambar itu mengisahkan kepribadian hiu yang sejati—yang lembut, penuh rasa ingin tahu, dan tidak agresif. Mereka butuh bantuan kita dan kita pun butuh mereka. Ekosistem laut akan kacau tanpa hiu. Rantai makanan terganggu, populasi terumbu karang menurun, dan lautan kita terancam gagal menjalankan berbagai fungsi besarnya.

Dengan kehendak bersama, kita masih bisa memperbaiki berbagai kerusakan yang ada. Jadi bergabunglah dalam perayaan ini. Mari kagumi keajaiban hiu. Mari pelajari teknik memotret hiu dan bagikan segala keindahannya kepada dunia. Ketika orang-orang bisa melihat apa yang kita lihat, saat itulah para hiu mendapat kesempatan untuk terus bertahan hidup.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.