WISATA SELAM HIU BERKUNJUNG KE RUMAH HIU DI INDONESIA

Sejumlah destinasi wisata lokal tempat penyelam bisa berjumpa dengan hiu.

Scuba Diver (Indonesian) - - CELEBRATING SHARKS - Oleh Darmawan Ahmad

Selain menjadi habitat bagi ratusan jenis terumbu karang, perairan Indonesia juga merupakan rumah bagi berbagai spesies hiu. Berikut adalah beberapa contoh destinasi wisata lokal yang bisa Anda kunjungi untuk menyelam bersama hiu.

Derawan – Talisayan, Kalimantan Timur: Hiu Paus

Hiu Paus, spesies ikan terbesar di dunia dengan ukuran panjang tubuh sekitar 3 – 7 meter ini dapat dijumpai di Derawan dan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Wisata hiu paus di Berau sudah mulai populer sejak penghujung tahun 2012. Dengan jumlah individu kurang lebih 50 ekor, Rhincodontypus di Kabupaten Berau ini bisa dijumpai sepanjang tahun dengan rincian bulan Januari- Juni di sekitar Pulau Derawan, dan bulan Juli – Desember di dekat Talisayan.

Hampir semua divecenter di sekitar pulau Derawan dan Maratua melayani wisata penyelaman bersama hiu paus dengan kisaran biaya Rp. 500.000 hingga Rp. 2.000.000 per hari. Penyelaman bisa dilakukan di 2 hingga 6 bagan yang senantiasa didatangi hiu paus untuk memakan ikan teri yang diumpankan oleh nelayan. Berdasarkan analisa awal, wisata hiu paus di Berau bisa mendatangkan pemasukan daerah hingga sebesar Rp. 109 miliar per tahunnya (Darmawan, 2018).

Visibility: 5 – 15 meter

Kedalaman: 50 – 100 meter

Arus: 0 – 2 knots

Akses: Tersedia jadwal penerbangan langsung dari berbagai kota besar Indonesia ke Bandara Kalimarau, Berau, sebanyak beberapa kali per harinya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.