BINTANG RAKSASA

Scuba Diver (Indonesian) - - CELEBRATING SHARKS - Doug Perrine

“Saya berenang melewati genangan darah dan sisik-sisik yang terlepas, seiring dengan usaha ikan-ikan mangsa itu mencoba kabur dengan panik.” Doug Perrine

Foto ini merupakan hasil dari penantian selama 15 minggu dari rentang waktu tiga tahun yang saya habiskan di sebuah “pantai liar” di Transkei, Afrika Selatan, sebelum fenomena sardinerun menjadi populer dan dikenal secara internasional. Tujuan saya adalah untuk mendokumentasikan fenomena alam yang terjadi pada kawanan ikan sarden, seiring pergerakan mereka dari sepanjang pantai Timur ke arah Utara. Karena kehadiran banyak manusia selalu menjadi gangguan, saya menyewa sopir, perahu, dan pilot microlight sendiri supaya bisa bergerak cepat tanpa campur tangan banyak orang. Sayangnya, meskipun telah menggunakan alat pengintai di udara, saya sulit menemukan sebuah baitball (sebuah formasi kawanan ikan sarden) yang belum dihancurkan oleh pemangsanya.

Baitball biasanya berumur pendek dan lokasinya saling berjauhan. Namun, pada hari ini, saya beruntung bisa menemukan baitball yang berlangsung selama beberapa jam. Dari udara, sang pilot menggambarkan penampakannya sebagai “bintang raksasa”, dengan hiu menerobos masuk dari semua arah. Ada juga lumba-lumba, tuna, dan burung laut yang menyerang baitball tersebut. Saya ikut berenang mengejar baitball melewati genangan darah dan sisik-sisik yang terlepas, seiring dengan usaha ikan-ikan mangsa itu mencoba kabur dengan panik. Saya pun sibuk mengusir hiu yang terus menyenggol dan menabrak saya, hingga saya kesulitan mengambil foto.

di mana Transkei, Afrika Selatan kapan April 2007 alat Canon EOS D60, lensa Sigma 14mm, strobe Canon 550EX (f/5.6, 1/800s, ISO200)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.