Madrid Cup Bread

SEDAP - - Cerita Sampul -

Madrid cup bread ini menjadi top dan dikagumi karena keunikan bentuknya yang artistik. Cara membentuknya sendiri mudah hanya tinggal menggulung, tetapi cara menggulungnya harus miring, hingga makin lama makin meruncing.

Kunci utama pembuatan roti adalah ada pada adonan roti. Adonan roti tidak boleh terlalu lembek, tetapi juga tidak boleh terlalu keras. Kalau lembek, bentuk roti tidak bisa meninggi.

Yang kedua ada adonan perekat seperti vla, misalnya. Vla ini bisa divariasikan dengan aroma jeruk, vanila, atau bahkan durian. Adonan ini berguna untuk merekatkan sekaligus untuk memisahkan lembaran yang satu dengan yang berikutnya.

Loyang muffin dibutuhkan untuk menempatkan roti hingga bentuknya terlihat cantik dan tegak karena keindahannya ada pada roti yang bisa berdiri tegak dan lurus meruncing ke atas.

Karena roti sederhana, perlu sentuhan khusus. Misal, dalam resep ini ditambahkan poppy seed yang ditebar di dalam adonan hingga tampak samar titik-titik hitam. Berikutnya adalah taburan gula tepung. Langkah yang terakhir ini akan membuat roti terlihat sangat cantik.

Bahan roti:

300 gram tepung terigu protein

tinggi 150 gram tepung terigu protein

sedang 50 gram gula pasir 2 sendok teh ragi instan 1 sendok teh bread improver 1 butir telur 1 kuning telur 225 ml susu cair 75 gram mentega tawar, lelehkan 1 sendok teh garam

Bahan isi (kocok rata):

100 gram vla instan 150 ml susu cair dingin 15 gram poppy seed

Bahan taBuran:

50 gram gula tepung

Bahan olesan:

1 1/2 sendok makan susu

evaporated

cara memBuat:

1. Campur tepung terigu ragi instan, bread improver, dan gula pasir. Uleni rata. 2. Masukkan telur dan susu cair sedikitsedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega leleh dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. 3. Bagi dua bagian adonan. Giling memanjang hingga setebal 1/2 cm. Potong-potong memanjang sepanjang 14 cm dengan lebar 3 cm. Oleskan isi. Taburkan poppy seed. 4. Gulung miring hingga makin lama makin munjung. Masukkan dalam loyang muffin. Diamkan 40 menit sampai mengembang. 5. Oleskan bahan olesan. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius 15 menit sampai matang. Sajikan bersama taburan gula tepung.(Kn)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.