Lokio Si Bawang Batak

SEDAP - - On The Road -

Lokio termasuk bawang-bawangan. Bentuknya lebih kecil dari bawang dan berwarna putih. Masyarakat di luar kota Medan atau Sumatera mengenal lokio di dalam asinan. Rasanya mirip bawang, teksturnya renyah, tetapi aromanya sangat khas. Mari kita kenal lebih jauh.

MEMBELI LOKIO

Di pasar atau di supermarket, lokio biasa diikat dalam ikatan kecil karena memang fungsinya lebih mirip bumbu ketimbang bahan utama walaupun ikut dimakan. Yang paling baik adalah memilih yang kekar umbinya, putih mulus, dengan akar yang masih segar dan belum kering.

MEMBERSIHKAN LOKIO

Cara membersihkannya dengan membuang akarnya, juga bagian yang kecokelatan. Cara membersihkannya sepintas mirip cara membersihkan daun bawang.

MENYIMPAN LOKIO

Bungkus dalam kantung plastik atau tempatkan di dalam wadah tertutup rapat. Simpan di dalam lemari es. Pasti rasanya lebih segar.

MENGOLAH LOKIO

Lokio lebih sebagai bumbu ketimbang bahan utama. Menambahkan beberapa lokio di dalam masakan seperti masakan ikan atau udang, akan membuat hidangan jadi beraroma unik. Tambahan lokionya sendiri, menciptakan sesuatu yang renyah terutama kalau bahan utamanya lembut. Orang Batak menggunakan lokio antara lain untuk membuat arsik yakni ikan yang dimasak lama di dalam bumbu kuning dengan banyak serai. Cara olahnya bisa lama, bisa pula sebentar saja.

OLAHAN LOKIO

Lokio bisa dimasak bersama daging-dagingan yang sarat bumbu, pepes , atau asinan/acar. Di dalam masakan, lokio hampir tak pernah disandingkan bersama sayuran saja. Nah, selamat mencoba masakan dengan tambahan lokio.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.