On The Road

SEDAP - - Daftar Menu - Teks semy | Foto aGUNG & PRIyO | Penata GINZa | Visual BeNyamIN

Terong Belanda

Buah ini adalah buah khas Medan. Ukurannya kira-kira 5- 6 cm dengan kedua ujung meruncing. Di dalamnya berbiji kecil-kecil. Bijinya bisa dimakan. Buah ini jarang dimakan segar. Biasanya disajikan dalam bentuk jus.

MEMILIH TERONG BELANDA

Terong belanda yang ranum dan matang, bisa dilihat dari warnanya. Jangan memilih yang berwarna kuning kehijauan, tetapi pilih yang merah kekuningan atau merah terang berpadu merah gelap. Tekan daging terong belanda. Jangan memilih buah yang terlalu lembek, tetapi juga jangan yang terlalu keras.

RASA TERONG BELANDA

Rasa buah ini dominan asam, tetapi makin asam bila masih muda.

MENYIMPAN TERONG BELANDA

Terong belanda harus disimpan di dalam lemari es. Lebih baik kalau dimasukkan ke dalam wadah tertutup rapat sebelum dimasukkan ke dalam lemari es supaya buah tidak kering.

MEMPERSIAPKAN TERONG BELANDA

Setelah dicuci bersih, buah dikupas tipis-tipis. Untuk dibuat jus, terong belanda bisa dipotong-potong. Bijinya tidak perlu dibuang karena bisa dimakan begitu saja.

DIBUAT APA?

Terong belanda umumnya dibuat jus. Orang sering mencampurnya dengan markisa atau sirop markisa. Anda yang tidak suka rasa asam, dapat mencampurnya dengan buah yang manis rasanya kecuali ingin ditambah madu, sirop, atau gula. Buah yang sudah dijus bisa dibuat puding. Boleh satu rasa, boleh juga dicampur bersama buah yang lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.