APREZ CaTERinG

SEDAP - - Berita Kuliner -

(member of aMuZ Gourmet Group) The Energy building 2nd floor sCbD lot 11a Jl.Jend. sudirman Kav 52-53, Jakarta (021) 2505064 www.aprezcatering.com

salah satu pengalaman menantang yang pernah ditangani aprez Catering dalam menangani sebuah perhelatan fine dining adalah di atap gedung atau roof top. Dengan beratapkan langit, Chef stefu santoso (38), executive chef bisnis katering ini mendapat tantangan yang luar biasa saat menyiapkan seluruh hidangan bergaya perancis dalam konsep makan formal di area terbuka di ketinggian gedung. “segi keamanan pangan, suhu makanan, dan semua detail tetap harus saya jaga meski akan dihidangkan di atas gedung yang berangin dan udaranya lebih dingin,” tutur stefu.

Pernah pula, katering yang berdiri pada 2012 lalu ini menangani perhelatan makan para petinggi perusahaan dari berbagai negara. Pesanan khususnya berupa sajian unik dan berbeda, salah satunya pepes. ia lantas membuat pepes baramundi yang diolahnya dua jam sebelum acara makan tiba. untuk memastikan suhu pepes tepat betul sesaat keluar dari pembakaran di dapur pusat dengan lokasi acara disebuah gedung bersejarah di kawasan Jakarta Kota. Tak mau ambil risiko, stefu sampaisampai menyetir sendiri untuk membawa hidangan tersebut. “Karena saat disantap, pepes harus moist teksturnya dan tak lebih dari dua jam harus sudah disajikan,” tuturnya.

Wanginya khas dan kuat, suhunya tepat. Kepuasaan itulah yang harus disampaikan pada penikmat makanan.

Katering yang melayani kalangan menengah atas ini juga tak jarang harus membuat deretan menu yang bahannya sulit didapat. Misalnya, sop buntut kedondong khas bangka yang di dalamnya terdapat daun kedondong. hingga dua minggu sebelumnya tim katering ini berburu ke sejumlah pasar di Jakarta hingga akhirnya memesan khusus pada pedagang pasar.

selain itu, berburu daun pisang muda untuk garnish pesanan khusus dalam penyajian konsep fine dining french twist asia pun pernah jadi pengalaman seru bagi stefu dan timnya. saat itu mereka hendak menyajikan kari di atas daun pisang muda. Ternyata mencari daun pisang muda sungguh bukan perkara mudah. “Kami memesan dan menugaskan khusus satu orang untuk mendapatkan daun pisang muda ini,” kenang stefu.

Meski aprez Catering awalnya banyak menghidangkan sajian barat, namun perkembangan selera konsumen justru menyukai hidangan tradisional. Tak heran jika dalam satu kesempatan katering ini pernah harus mendatangkan puluhan anglo dari Kasongan Jawa Tengah untuk menyajikan empal gentong.

Katering yang memasang standar harga set menu mulai Rp 175 ribu hingga di atas Rp 500 ribu ini melayani private dining, cocktail party, barbeque, hingga canape dengan minimum payment Rp 5 juta-10 juta tergantung konsep sajian yang dipilih.

Keterangan foto: 1&4. Table setting untuk fine dining yang ditata tim Aprez Catering. 2. Creme brulle dan aneka dessert Perancis andalan. 3. Penataan hidangan selalu dibuat cantik. 5. Stefu Santoso pantang gagal memenuhi keinginan kliennya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.