Tentang Bawang Bombay

Begitu sering kita menggunakan bawang bombay, sampai tak pernah memperhatikan bahwa di balik bawang bombay ada fakta menarik. Mari kita simak.

SEDAP - - Kulinaria - TULISAN SEMY • FOTO ISTIMEWA • VISUAL BAYU P.

Budidaya bawang bombay pertama kali dilakukan di Asia 5.500 tahun sebelum Masehi. Orang Mesir, Yunani, dan India menganggap bawang bombay dapat meningkatkan libido.

Tahun 2012, sebuah riset menyebutkan Lebih 9.000.000 hektare lahan subur saat ini digunakan untuk produksi bawang. Hasil bawang di seluruh dunia mencapai 74 juta ton. Cina, India, Amerika Serikat dan Mesir produsen terbesarnya. Bawang bombay sangat menyehatkan karena sarat gula kompleks untuk menjaga metabolisme, sarat vitamin, meneral, betakaroten, folat, dan cukup berserat.

Bawang bombay terberat yang pernah tumbuh adalah 5 kilogram. Bawang bombay memilik tiga warna, kuning, merah, dan putih. Bawang bombay kuning paling dikenal orang. Bawang bombay termasuk sayuran/bumbu tertua yang digunakan manusia. Dalam peradaban kuno, Atlet dan tentara menggunakan bawang sebagai sumber kekuatan. Mereka percaya, makan atau menggosok bawang bombay pada kulit dapat memberi mereka lebih banyak kekuatan dan kecepatan gerakan. Negara yang makan bawang bombay paling banyak adalah Libya. Orang Mesir menggunakan bawang bombay sebagai simbol kehidupan kekal. Konsumsi bawang di Amerika Serikat naik 50 persen dalam 20 tahun terakhir sehingga rata-rata Amerika makan 8,5 kilogram bawang segar setiap tahun. Ketebalan kulit bawang dapat membantu memprediksi tingkat keparahan musim dingin. Kulit tipis berarti musim dingin yang sejuk akan datang sementara kulit tebal menunjukkan musim dingin yang berat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.