Otak-Otak Renyah

SEDAP - - Anda & Kami | Konsultasi Kuliner -

Tim SEDAP di tempat, Saya ingin sekali bisa membuat otak-otak yang enak menurut pandangan subyektif saya, yaitu yang lembut dalamnya tapi renyah tekstur luarnya. Saya mencobanya beberapa kali, hasilnya tidak kenyal dan warnanya, kok, enggak putih, ya? Mohon pencerahannya. Sita Munarya Sadikin, Palu

Ibu Sita Munarya, Banyak faktor penentu kelezatan otak-otak. Pertama, jenis ikannya. Pilih ikan yang kalau digiling jadi lengket seperti ikan tenggiri, misalnya. Adoni ikan dalam keadaan dingin supaya kontraksi dan jadi kenyal. Pengulenan bisa dilakukan agak lama. Baik juga kalau bahan putih telur dan santan juga dalam keadaan dingin.

Untuk hasil yang lebih renyah, gunakan tepung hunkwe, bukan sagu. Pilih tepung hunkwe kualitas baik. Setelah masuk tepung hunkwe, sebaiknya adonan tidak diuleni lagi. Hanya diaduk sampai rata.

Putihnya otak-otak seringkali karena ada tambahan bahan kimia yang bisa memutihkan. Tambahan hunkwe hanya bisa membuat otak-otak sedikit lebih putih, tetapi tidak putih sekali.

Nah, selamat membuat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.