Tematik

meskipun kualitas kelapa muda tidak menentukan jadi tidaknya klaper tart, tetapi sebagai bahan utama, kelapa yang salah pilih bikin klaper tart jadi tidak enak. nah, anda ingin klaper tart yang anda buat enak hasilnya, simak dahulu bahasan tentang kelapa

SEDAP - - Daftar Menu - UgI COBA RbSbP SbDAP • TbKS SbjY • cOTO AdUSTUA c, PRIYO • TATA SAgI NAOjI D.P. • sISUAL BAYU P.

Kelapa Muda/Kelapa Degan

Kelapa muda yang dimaksud tentu saja adalah kelapa degan, yakni kelapa yang sering dijadikan minuman. Bukan kelapa muda untuk dibuat santan atau dimasak.

Kelapa Muda/Degan Untuk Klaper Tart

Kelapa muda/degan untuk klaper tart tidak boleh tua atau terlalu muda. Yang terlalu tua, keras teksturnya sehingga tidak sesuai dengan kelembutan klaper tart. Yang terlalu muda, teksturnya tidak terasa saking lembutnya.

Sebutkan keinginan Anda untuk memilih kelapa yang sedang ini ketika membeli kelapa di pasar. Tukang kelapa akan menolong mencarikannya.

Lebih baik membeli lebih atau meminta tukangnya membelah kelapa sehingga bisa terlihat tekstur kelapanya.

Air Kelapa Jangan Dibuang

Air kelapanya jangan dibuang. Air kelapa bisa jadi adonan isi. Selama ini orang membuat klaper tart dari santan atau susu cair. Nah, gunakan air kelapa. Hasilnya lebih segar. Tetapi kalau lebih suka santan, tak soal juga. dunakan air kelapanya untuk membuat santan.

Sebagian air kelapa juga bisa digunakan untuk merebus kelapa supaya kelapa tahan lama. Biasanya setelah direbus, kelapa agak berubah warna. Tak apa.

Mengeruk Kelapa

Kerukan kelapa bisa lebar, bisa juga kecil. Yang penting kelapa tidak boleh dikeruk terlalu tebal. Teksturnya jadi keras walaupun kelapanya sudah muda. Untuk menghasilkan kerukan yang tidak terlalu tebal, jangan tekan kerukan ketika mengeruk.

Kapan Kelapa Ditambahkan Dalam Adonan?

Pembuatan klaper tart bisa dilakukan dengan dua cara.

-Dibuat vla. Kelapa masuk di akhir setelah vla meletup-letup.

-Dibuat custard. Kelapa sudah ditata di dasar loyang/pinggan sebelum adonan custard dituang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.