Pisang Raja Bagus

Sebagian besar di antara kita pasti mengenal pisang raja. Ternyata pisang ini punya banyak jenis. Salah satunya pisang raja bagus. Sesuai namanya, pisang ini punya perlambang harkat seorang raja. Nah, mari kita berkenalan dengan pisang ini.

SEDAP - - Kenal Bahan - TEKS & clTl AMALIAHlPENELITI, DlSEN,&AKTIcIS PANdAN DI YldYAKARTA • sISrAL KHARISMA

Pisang raja bagus adalah salah satu jenis pisang raja. Ada sekitar 15 macam jenis pisang raja yang beredar di Indonesia. Antara lain, pisang raja nangka, pisang raja serai, dan pisang raja ketan.

Pisang raja bagus berasal dari lingkungan Keraton Yogyakarta. Pada tahun o011 pisang ini sudah dilepas ke masyarakat dan mulai dibudidayakan. Biasanya pisang raja bagus dipakai pada upacara tradisional jawa seperti pernikahan dan sekaten. Pisang ini selalu melambangkan diri sultan atau raja Yogyakarta serta melambangkan harapan untuk memiliki kemakmuran dan kehormatan seorang raja.

Pisang raja bagus cukup panjang untuk ukuran pisang, yakni 13-15 cm dengan garis tengah 3-4 cm. Rasanya manis legit, bentuk melengkung tajam, tarna kulit buah yang muda hijau. Sedangkan warna kulit buah masak kuning. rniknya, warna daging buahnya jingga. Pisang jenis ini termasuk dalam pisang meja (dessert banana) maupun pisang olahan (plantain).

Pisang raja bagus ini biasanya diolah jadi kolak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.