Sosis Bentuk Donat Aneka Isi dan Toping

SEDAP - - What’s New? - TEKS & clTl INTAN YS • sISrAL KHARISMA

Di Bandung ada sosis yang dibuat dengan sangat kreatif. Namanya doughnut sausage. Sosis berbentuk donat ini bisa ditemui di kedai Owl Shack kawasan Ciampelas. Sosisnya tak hanya unik karena berbentuk lingkaran, tetapi diisi dan ditoping. Sungguh menggiurkan!

Ada 5 jenis sosis donat dengan 5 jenis toping yang dibuat kedai ini. Kelima jenis sosisnya dinamai dengan nama negara sesuai citarasa yang dipakai dalam bahan isi maupun toping. Salah satu yang terkenal adalah American Melts, yakni sosis berbahan cincangan ayam yang adonannya dicampur dengan dua jenis keju, cheddar dan mozzarella. Di dalam sosisnya juga diberi irisan jamur dan sayuran.

Selain isinya yang istimewa, sajian sosis ini juga punya toping yang ramai sekali. Ada siraman saus mayones, saus keju, irisan timun dan wortel, serta potongan roti goreng (crouton). Sungguh toping yang melimpah sekaligus menggiurkan.

Jenis sosis ayam lainnya ada juga Italian Hulky, yakni sosis hijau yang terbuat dari daging ayam dan sayuran yang disajikan bersama saus pasta carbonara dan tomato confit. Menyebrang ke citarasa Asian, ada sosis Japanese Kobashi. Sosis ini dibuat dari daging sapi, bukan ayam. Di dalam selongsong sosisnya terdapat pula potongan jamur shitake. Sosis ini disajikan bersama toping wasabi, tempura flakes, skipjack tuna shaving (katsuobushi), dan irisan nori.

Jenis sosis daging sapi lainnya ada Mexican Enchilado merupakan sosis daging sapi yang rasanya pedas. Sosis bercitarasa meksiko ini disajikan bersama toping krim guacamole, saus salsa , serta corn tortilla chips.

Yang terakhir Indonesian Heritage, yakni sosis daging sapi yang memiliki sensasi rasa khas bumbu rempah Indonesia. Cirinya, sosis ini disajikan dengan toping saus kari homemade dan dua macam sambal (merah dan hijau) ala Padang. Enak sekali.

Pakai loyang khusus

Sosis-sosis yang dijual di sini seluruhnya dibuat handmade dan halal, bahkan juga selonglong sosisnya yang dibuat dari kolagen sapi. Panjangnya sekitar 20 sentimeter. Harga aneka sosis per porsi dibanderol rp 26 ribu (ayam) dan rp 29 ribu (sapi).

Agar berbentuk melingkar dengan bolongan di tengah seperti donat, sosis diletakkan di dalam loyang stainless bundar berdiameter 7-8 cm ini telah diolesi mentega. Lantas dipanggang di atas pan panas. Disediakan loyang yang sama untuk memindahkan sosis ketika membaliknya agar matang merata.

Sosis donat akan matang dengan sempurna dalam waktu 10-15 menit. Sebelum disajikan, papercup sebagai wadah sosis diisi bihun goreng yang renyah hingga tingginya tiga per empat cup. Sosis donat ditaruh di bagian atasnya lalu diberi toping melimpah.

Tiga sekawan riky Setiadi (25), Sela Mahardika (25), dan Ivan Sulaiman (27) meluncurkan sosis donat ini ke pasaran pada Juni 2015. Prinsipnya mereka ingin berjualan yang berbeda. Kebetulan Sela, lulusan STP Bandung (dulu NHI, red.). Sela terinspirasi menjual sosis ala Italia, yakni sosis yang di dalamnya dicampur berbagai bahan makanan segar, selain daging sapi atau ayam. “Sosis Italia tekstur dagingnya tidak lembut karena daging dan bahan campurannya dipotong kasar, jadi terasa chunky pas dimakan,” papar Sela.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.