Ikan Untuk Otak-Otak

Bahan dasar otak-otak adalah ikan yang digiling halus, dibumbui, diberi santan dan putih telur lalu dibungkus daun pisang dan dibakar hingga matang. kadang ada juga yang dikukus dulu sebelum dibakar. kemudian orang juga membuat otak-otak yang direbus, dik

SEDAP - - Tematik - UJI COBA RESEP SEDAP • TEKS SEMY • FOTO AGUSTUA F, • TATA SAJI NAOMI D.P. • VISUAL BAYU P.

Memilih Ikan

Karena bahan dasarnya ikan, maka pilihan ikan harus tepat. Kira-kira untuk pembuatan otak-otak pilihan ikan sebagai berikut: • Pilih ikan yang berdaging tebal. • Teksturnya lengket, artinya setelah digiling, ikan akan menyatu, tidak buyar. • Teksturnya kenyal setelah dimasak. • Warna dagingnya putih. Biasanya orang membuat otak-otak dari ikan tenggiri, ikan belida, ikan gabus, atau ikan kakap. Jadi, jelas, pilihan ikan bukan berdasar ikan hidup di mana.

MemFillet Ikan

Tentu saja bagian ikan yang diambil adalah dagingnya. Proses melepaskan ikan dari kulitnya ada tekniknya. Setelah dilepaskan dari tulang, lakukan cara berikut.

Pegang ekor ikan. Lepaskan ikan dari arah ekor ke atas. Jangan dari atas ke ekor. Cara itu akan membuat serat ikan keluar dan membuat daging sulit digiling halus hingga otak-otak tidak licin hasilnya.

Alat melepaskan daging bisa pisau, bisa juga sendok dengan cara dikeruk. Kalau dikeruk, ikan yang terambil bisa tuntas tak bersia.

Menggiling Ikan

Ikan bisa digiling dengan cara dimasukkan ke dalam food processor. Giling hingga halus betul. Ikan harus dalam keadaan dingin, tetapi bukan beku supaya daging semakin kenyal.

Penambahan santan, telur, bumbu dan bahan lainnya bisa diaduk sambil digiling supaya hasilnya lebih rata dan bagus.

Ada baiknya bahan cair pun dalam keadaan dingin supaya otak-otak pas kekenyalannya.

Proses menggiling ikan ini boleh dilakukan cukup lama.

Anda juga boleh mengaduk bahan lainnya bukan di dalam food processor, tetapi dengan tangan. Uleni dulu ikannya sampai kalis. Setelah itu masukkan bahan lainnya.

Otak-Otak Yang Enak

Otak-otak yang enak, kenyal/renyah hasilnya bukan keras. Karena itu setelah ditambahkan tepung sebaiknya, ikan tidak diuleni lagi, tetapi diaduk saja sampai rata. Pengadukan pun sebentar saja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.