HARUS PUNYA IZIN DAN LOLOS UJICOBA

Berjualan di atas kendaraan besar alias foodtruck yang lagi tren itu tentu berbeda dengan berjualan di atas sebuah bangunan permanen. Pernahkah Anda terpikir bagaimana sebuah foodtruck dibuat? Dapur berjalan yang sedang tren ini bentuknya juga keren-keren

SEDAP - - Artikel -

Membuat mobil menjadi sebuah foodtruck memang bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan spesifikasi mobil, rangka, dan desain yang harus dikerjakan secara profesional. Nama Delima Jaya Carroserie Industry kerap didatangi para pelaku usaha makanan bila ingin membuat foodtruck.

Karoseri yang bermarkas di Bogor ini memang banyak mengerjakan foodtruck. Ketika berkunjung ke sana, SEDAP melihat banyak sekali mobil yang sedang digarap jadi foodtruck di atas lahan seluas 8 hektar.

“Delima Jaya sudah berdiri sejak tahun 1976, dan mulai tahun 2010 bergerak di bidang karoseri foodtruck,” jelas Winston Wiyanta (28), Managing Director Delima Jaya Carroserie Industry.

Untuk membuat foodtruck, ternyata pihak karoseri tidak bisa membuat sembarang karena desainnya ditentukan oleh makanan yang akan dijual. Misalnya, makanan yang digoreng berbeda kebutuhannya dengan penjual makanan yang dibakar atau masakan berkuah.

Segmen pasar yang dituju juga ikut mempengaruhi pemilihan ukuran mobil yang digunakan. Saat ini ada 3 pilihan mobil foodtruck berdasarkan ukurannya. Ukuran terkecil biasanya menggunakan mobil MPV (multi purpose vehicle) berjenis Daihatsu Grand Max, Mitsubishi L300, atau Isuzu Bison. Panjangnya berkisar antara 4–4,5 meter. Harga yang ditawarkan mulai Rp 225–325 juta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.