Sayur Besan

SEDAP - - Kenal Tradisional - UJI COBA RESEP SEDAP • FOTO AGUSTUA • TATA SAJI NAOMI DP • VISUAL BAYU P.

Sayur besan mirip sayur godog, tetapi salah satu isinya menggunakan bahan terubuk. Masakan ini sudah dibuat oleh masyarakat Betawi dalam waktu lama. Sesuai namanya, sayur besan, masakan ini memang dibuat untuk besan sebagai penghormatan kepada orang tua mempelai. Karena itu masakan bersantan ini selalu dibawa pihak mempelai laki-laki ketika berbesanan.

Sayur besan, misalnya, disajikan saat acara besanan dan melambangkan penghargaan tertinggi kepada orangtua mempelai. Sayang, menu tersebut mulai langka. Jarang ada warung yang menyediakan menu masakan betawi kuno seperti itu. Kalaupun ada, boleh jadi harganya cukup mahal.

Isi masakannya sendiri sederhana. Hanya terubuk, kentang, soun, petai dan ebi. Terubuk adalah bunga tebu. Meski disebut bunga, tetapi bentuknya sama sekali berbeda dari bunga, malah mirip batang. Perlu pengupasan berlapis-lapis untuk mendapatkan isinya. Isinya lembut dan mudah hancur. Itu sebabnya orang juga menyebutnya sebagai telur tebu karena dianggap mirip telur.

Sayur besan dianggap sudah dibuat orang sejak abad 17 bersamaan dengan munculnya perkebunan tebu di Batavia. Penggunaan terubuk di dalam sayur besan ini merupakan keharusan. Tanpa terubuk, namanya bukan sayur besan lagi. Bahan lain boleh ditambahkan ke dalam hidangan ini. Misalnya labu siam.

Saat ini tak banyak lagi orang menjual sayur besan. Bisa jadi karena kesulitan memperoleh terubuknya. Selain penjualnya mulai jarang, terubuk juga termasuk tanaman musiman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.