Nasi Briyani Yang Lezat

SEDAP - - Manca Tradisional - UJI COBA RESEP SEDAP • FOTO PRIYO • TATA SAJI NAOMI • VISUAL BAYU P.

anda pasti sudah sering menyantap nasi briyani, namun belum tahu, cerita di balik nasi ini. mari mencari tahu.

Briyani adalah olahan nasi yang sangat populer di India, merupakan campuran nasi dan daging. Umumnya daging yang digunakan adalah daging kambing. Pembuatan nasi briyani yang asli, sangat unik. Nasinya digoreng dahulu, sementara dagingnya pun diolah terpisah.

Itu sebabnya dinamakan, “briyani” yang berasal dari kata “birian”, dari bahasa Persia. Birian berarti “menggoreng sebelum memasak”.

Kedua olahan ini baru disatukan setelah masing-masing olahan setengah matang di dalam pot tanah yang disebut, “handi”. Letak olahan dagingnya di tengah di antara dua lapisan nasi yang sudah diolah bersama bumbu antara lain kunyit, bunga pala, air mawar, dan kapulaga.

Handi kemudian ditutup rapat dan ditempatkan di dalam bara.

Meskipun kita mengenal nasi briyani dari India, tetapi sebenarnya nasi briyani bukan berasal dari India, tetapi dari Persia. Nama “briyani” pun berasal dari bahas Persia, “birian”. Kata ini berhubungan dengan gaya memasak.

Masyarakat India mengenal nasi briyani diperkirakan dari Afganistan.

Sejumlah legenda juga melatar-belakangi kehadiran nasi nan lezat dan harum ini.

Salah satu legenda mengatakan bahwa Timor, orang lumpuh membawa briyani turun dari Kazakhstan melalui Afghanistan ke India Utara. Legenda lain bilang, Mumtaz Mahal menciptakan hidangan ini sebagai “makanan lengkap” untuk memberi makan tentara. Namun beberapa orang mengatakan, hidangan ini benar-benar berasal dari Asia Barat. Banyak cerita lain lagi. Tetapi itu tidak penting buat kita, bukan?

Yang penting, nasi ini sangat enak dan di negeri kita sendiri nasi briyani sudah berubah sesuai dengan selera kita dengan cara pembuatan yang lebih praktis juga. Nah, kalau Anda tertarik dengan nasi briyani nan sedap ini, mari segera membuatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.