DONAT MENGEMPIS

SEDAP - - Konsultasi Kuliner -

Redaksi SEDAP YTH., Saya sering membuat donat, tetapi selalu kecewa dengan hasilnya. Saat digoreng, donat menggembung bagus, tetapi ketika diangkat, langsung mengempis. Jadi, sayang, kan, donatnya jadi tak batgus dipandang mata. Apa penyebabnya? Terima kasih, Dhea Larasati –Jakarta Pusat

Mbak Dhea di Jakarta, Donat seperti itu bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Yang pertama adalah fermentasi yang berlebihan sehingga donat mengembang naik, tetapi isinya hanya udara sehingga begitu terkena suhu ruang kembali, donat mengempis.

Sebaiknya adonan dikembangkan dalam waktu secukupnya. Anda dapat melakukan pengetesan, kapan saatnya donat sudah mengembang. Caranya, kuakkan permukaan donat. Bila sudah bersert-serat, donat sudah cukup difermentasi.

Penyebab lainnya, minyak terlalu panas sehingga donat juga mengembang berlebihan. Tetapi setelah diangkat, jadi mengempis.

SOSIS PECAH

REDAKSI SEDAP YTH., Saya baru saja membuat sosis bakar ketika malam TAHUN BARU kemarin. Tetapi kecewa dengan hasilnya karena sosinya tidak mulus. Selalu ada bagian yang pecah. Padahal bumbunya saya peroleh dari MAJALAH SEDAP dan sudah enak. Apa sebabnya, ya? Nanny Saragih-Jakarta Utara

Ibu Nanny, Memang sedih kalau hidangan yang kita buat sudah enak, tetapi tidak sempurna hasilnya. Jangan susah, penyebabnya sederhana saja, kok. Sosis yang pecah karena tidak dikerat-kerat sebelum dibakar. Pengeratan membuat adonan daging tidak mengembang pesat.

Anda bisa mengeratnya di bagian mana saja untuk mencegah sosis pecah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.