9

SEDAP - - Resto Ke Resto -

ini dijamin bakal membuat yang makan tak bisa berhenti. Ada pula lidah cabai hijau dalam potongan dadu yang begitu lembut nyaris meleleh di mulut. Lidah sapi bak wagyu grade sembilan plus ini sungguh dapat membuat Anda kembali lagi ke tempat ini. Lauk lainnya, ayam singgang dalam berukuran sedang ditusuk sate dan dibakar berlumur bumbu santan dan kunyit hingga membuat rasanya sungguh nikmat. Di sampingnya ada setengah butir telur bumbu seset khas bali dengan taburan irisan kucai, dan sambal matah plus gulai daun singkong beraroma kecombrang yang memikat. Nasi superlengkap ini jelas harus Anda coba di kali pertama kunjungan ke sini.

Nasi selalu dicari. Hal itu pula yang membuat Adhia menyiapkan beberapa set menu nasi sebagai pilihan selain nasi daun jeruk tadi. Ada Nasi buntut padeh alang lawas, sajian turun-temurun sekaligus favorit dalam keluarga sang koki. Buntut ini disandingkan dengan sambal balado yang dibuat dalam tone ringan asam padeh. Sungguh paduan kreatif balado-padeh, dua jagoan hidangan minang. Cara menikmatinya, siramkan bumbunya di atas buntut, santap bersama nasi putih dan emping. Nasi putihnya boleh ditukar nasi merah, kuning, dan nasi daun jeruk.

Bagaimana dengan resto di jalan Panglima Polim? Seluruh lauk bisa disajikan terpisah dalam piring kecil dan disuguhkan berjejer di sepanjang meja sesuai pilihan kita sendiri. Di sini kita mengenal istilah ngelauk. Tetapi tamu tetap bisa memilih nasi berikut laukpauk yang langsung dihidangkan dalam satu piring sesuai selera. Menurut Bima konsep makan seperti itu disebut, nge-rames. Pilihannya ada remet nangka, cakalang mercon, ayam suwir koneng, dan masih banyak lagi. Bersantap di sini pun terasa nyaman bagaikan berada di rumah sendiri. Dengan dekorasi lebih casual, namun nyaman dengan plafon rendah, suasana lebih santai jadi kunci utama yang menonjol di Kedai Lumpang Emas yang ini.

Es libo sampai pandan brulee

Di penghujung bersantap, seruputan es sari kacang hijau yang tersaji bersama es batu jadi satu alasan tersendiri minuman ini selalu sold out setiap hari. Butiran halus kacang hijau yang masih terjejak di lidah, gurih santan, dan gula yang tak terlalu manis menjadi komposisi pas minuman sehat ini. Varian minuman khas lainnya ada es libo aceh. Parutan timun, sirup, dan sentuhan jeruk nipis membuat minuman ini sangat aromatik sekaligus menyegarkan berkat sentuhan batang sereh yang turut disertakan di dalam gelas.

Dessert brulee dalam versi pandan juga jadi penutup ciamik yang tak boleh dilewatkan. Lapisan caramelized cantik di atas piranti ramekin berukuran mungil jadi pertanda pandan brulee fresh from the oven. Pandan brulee menawarkan kelezatan kue tradisional kita yang semu manis, gurih santan, susu dan krim, plus aroma pandan yang eksotik.

Jika khusus datang ke Kedai Lumpang emas di Panglima Polim, Anda juga bisa mencicipi nikmatnya coffee jelly seharga Rp 18 ribu. Konsep espresso sebagai jelinya dengan krema yang menjelma jadi saus foamy di atasnya, membuat dessert yang satu ini populer luar biasa di kalangan anak muda Jakarta. Laris bukan main!

Jika rindu masakan rumahan dengan sentuhan bumbu Sumatera yang kental, Kedai Lumpang Emas bisa jadi tempat seru. Citarasanya menjangkau semua kelas, semua lidah, dan semua usia. Tak percaya?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.