B

Target Car - - Halaman Dapan -

MW Group Asia mengajak para rekan jurnalis dari berbagai negara untuk menguji model­model BMW X­SEries yaitu BMW X3, BMW X4, BMW X5 dan BMW X6 untuk menaklukkan berbagai medan di Chiang Rai, Thailand pada 22 hingga 23 Juli 2015. Berbeda dengan model X­series yang tersedia di pasar Indonesia, model yang tersedia disini didominasi varian bermesin diesel. Di Indonesia, hanya X3 dan X5 yang memiliki pilihan varian bermesin diesel.

Chiang Rai terletak pada Thailand di bagian paling utara, dan merupakan lokasi terkenal yang biasa disebut “Golden Triangle” dimana ter­ dapat perbatasan negara Thailand, Laos dan Myanmar. Lokasi ini menjadi terkenal akibat perdagangan opium yang cukup ramai di masa lalu. Selain itu, pemandangan yang ditawarkan serta medan yang menantang menjadi alasan utama BMW mengajak jajaran model X­series menguji teknologi xdrive yang tersemat pada BMW X­series. Kami memulai perjalanan dari A­star Phulare Valley Chiang Rai menuju Santikhiri yang berjarak 60 km. Santikhiri terletak di ujung utara Thailand, dekat dengan perbatasan Burma, yang terkenal dengan perkebunan tehnya. Di kesempatan pertama ini saya menggunakan X3 xdrive 20d yang juga tersedia di Indonesia. Selain menawarkan varian diesel, BMW Indonesia menawarkan varian X3 xdrive 20i sebagai pilihan lainnya.

Karena tengah berada di musim hujan, keadaan medan jalan tanah yang kami lewati menjadi becek dan basah. Medan ini sangat cocok untuk menguji kemampuan teknologi xdrive milik BMW. Saat menghadapi turunan yang curam, kami mengaktifkan fitur HDC (Hill Descent Control) yang secara otomatis mengaktifkan rem pada keempat roda agar dapat menurun dengan kecepatan yang sudah diatur.

Pada pengaturan awal, kecepatan yang terendah adalah 8 kpj, dan Anda dapat mengatur kecepatan melalui scroll yang terletak pada lingkar kemudi di sebelah kiri. Anda dapat menaikan kecepatan melalui pedal gas ataupun menurunkan kecepatan menggunakan pedal rem. Jangan kaget jika saat menginjak rem, terasa pergerakan denyut pada pedal rem. Hal ini menandakan sistem ABS sedang bekerja untuk mempertahankan kecepatan dan menjaga agar roda tidak slip.

Saat menghadapi tanjakan yang curam, mesin diesel 4­silinder BMW Twinpower Turbo dapat melahap tanjakan dengan mudah berkat torsi puncak 400

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.