TARGET TESNTEW CARS

Honda Civic 1.5 Turbo 2015

Target Car - - Target Editorial - Reza Erlangga Foto: Honda

All-new Honda Civic Turbo telah diluncurkan pada 7 April 2016, di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Produk generasi ke-10 ini adalah sebuah evolusi jika kita bandingkan dengan generasi sebelumnya. All-new Honda Civic dikembangkan dengan tiga pilar utama yaitu ‘Charismatic’, ‘Soulful’, dan ‘Comfortable’. Konsep ‘Charismatic’ mengacu pada rancangan dan pengemasan yang menghasilkan desain eksterior dan interior yang premium, dengan memaksimalkan konsep ‘Man Maximum Machine Minimum’ untuk menambah kenyamanan berkendara.

Sementara untuk konsep ‘Soulful’ adalah konsep dasar untuk performa All-new Honda Civic yang mengusung dapur pacu baru, platform baru, serta rasa berkendara yang semakin sporty. Sedangkan konsep ‘Comfortable’, mewakili berbagai fitur dan teknologi canggih, yang memudahkan ‘interface’ pengemudi dan mesin, serta meningkatkan level keselamatan. Setiap pengembangan tersebut menegaskan dominasi Allnew Honda Civic dalam hal desain, kenyamanan, teknologi, performa dan keselamatan.

Eksterior All-new Honda Civic dikembangkan dengan konsep ‘Revolutionary Silhouette Advanced Neo Sedan’ yang terlihat dari tampilan desainnya yang sporty, revolusioner, dan modern. All-new Honda Civic menampilkan lampu utama full full LED yang dilengkapi LED Daytime Running LED (DRL) pada bagian depan. Lampu ini terintegrasi dengan grille yang mewah dan sporty. Kesan sporty dan pada bagian depan sekali-

Lebih menarik dan berperfoma dari sebelumnya.

gus keamanan saat berkendara juga didukung oleh penambahan fog lamp dan side position lamp.

Pada bagian belakang, ‘rear combi lamp’ dengan desain yang meruncing di sudut menambah kesan sporty, sementara LED ‘light bars’ menambah keamanan untuk memberikan sinyal kepada mobil lain saat melakukan pengereman. Dual exhaust pipe finisher mempertegas kesan sporty sekaligus meningkatkan efisiensi pelepasan gas emisi, sehingga performa mesin lebih bertenaga dan maksimal. Sementara, Velg 17-inci menggunakan desain racing dan material yang ringan untuk meningkatkan performa berkendara.

All-new Honda Civic memiliki panjang 4.630 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi 1.416 mm, atau bertambah panjang 2,9 inci dan lebih lebar dua inci dari pendahulunya. Sumbu rodanya bertambah 1,2 inci menjadi 2.700 mm.

Masuk ke dalam kabinnya, Allnew Honda Civic mengusung konsep interior ‘Daring ACE Design’ yang memadukan kualitas material kelas atas, konsol tengah yang ‘fun-to-use’, serta posisi berkendara nyaman. Jok All-new Honda Civic menggunakan jok kulit, begitu juga steering dan shift knob-nya. Di balik roda kemudinya, meter cluster with Multi Information Display (MID) memberikan berbagai informasi yang penting saat berkendara melalui layar yang informatif.

Pengaturan posisi mengemudi semakin mudah dengan sistem tilt dan telescopic pada roda kemudi, serta sistem 8-way Driver Power Seat Adjuster. Auto A/C dengan panel berdesain modern secara otomatis mengatur besarnya embusan udara dan tingkat suhu ideal dengan waktu pendinginan yang cepat. Pendinginan di dalam kabin semakin merata dengan penambahan rear A/C ventilation. Guna menambah fungsionalistas, Civic turbo memiliki ruang bagasi lapang untuk menampung berbagai barang.

Beralih ke mesin. All-new Honda Civic menggunakan mesin 1.5L DOHC, empat silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo. Dilengkapi

single-scroll turbo bertekanan 16,5 psi. Mesin ini bertenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm, dengan torsi maksimum 220 Nm pada 1.700 – 5.500 rpm. Putaran mesin yang rendah ini berarti akselerasi All-new Honda Civic lebih cepat, bahkan mesin “kecil” Honda ini, lebih bertenaga dari mesin naturally aspirated (NA) Civic berkapasitas mesin 2,0 liter. Tenaga mesin NA itu hanya 158 hp saja. Inilah yang menjadi faktor pembeda utama dari segi performa antara Civic generasi 10 dengan generasi 9.

Akselerasi 0-100 kpj diklaim menyentuh angka 6,8 detik, atau terpaut 2 detik dari generasi sebelumnya. Continuously variable transmission miliknya bekerja sempurna dengan mesin empat silinder turbo miliknya, menjaga jarum tachometer di ujung putaran maksimal mesin kala pedal gas ditekan dalam-dalam.

Memang, masih ada turbo lag saat melakukan ‘pedal to metal’, tetapi begitu putaran mesin telah terbangun, responnya lebih baik dari kebanyakan CVT. Apalagi jika Anda memindahkan tuas transmisi ke arah S ketimbang D. Putaran mesin akan terjaga lebih tinggi (kira-kira 1.000 rpm) sehingga turbo bisa bekerja lebih cepat. Saat berakselerasi Cvtnya bahkan bisa melesat hingga 6.000 rpm (‘pedal to metal’). Hasilnya nyata. Saat pengujian akselerasi 0-402 meter, All-new Honda Civic Turbo meraih waktu 15 detik. Menurut Alvin Bahar, juara balap mobil turing nasional, torehan waktu ini hanya bisa dibukukan oleh mobil berkapasitas 2,0 liter. Itupun mesin mobil pasti sudah mendapatkan modifikasi agar mendapatkan limpahan tenaga dan torsi lebih besar.

Keputusan pemakaian mesin tur-

bo inilah yang kami puji. Jika kita tarungkan dengan All-new Corolla Altis, maka tenaga terbesar dari mesinnya hanya 151 PS saja. Ini bukanlah lawan sepadan bagi All-new Honda Civic Turbo.

Rupanya, kesenangan kami bukan hanya kontribusi mesin All-new Honda Civic Turbo saja. Struktur Civic terbaru solid dan kaku pun membuat kami ‘kesengsem’ pada kualitas pengendaraannya yang mengesankan.

Pemakaian anti-roll bar 1 inci di depan dan 0,7 inci di belakang, membantu suspensi depan dan suspensi belakangnya (multi link) menjaga pergerakan bodi mobil tetap sempurna. Gejala understeer terasa minim, variable-ratio electrically assisted power steering terbaru milik Civic turbo bekerja 10 persen lebih cepat dari sebelumnya.

Hasilnya, begitu kami mengujinya di atas trek sirkuit Sentul, All-new Honda Civic Turbo memiliki bodi roll lebih minim dari Civic generasi sebelumnya. Bagaimana dengan remnya? Menggunakan cakram berventilasi di depan, dan cakram padat di belakang, kekuatan pengereman

terjaga dengan baik. Civic turbo juga memiliki suspensi lebih sporty agar Civic lebih menarik untuk dikemudikan. Tikungan demi tikungan dilahap sangat mudah. Menariknya, kabinnya juga lebih senyap.

All new Honda Civic terasa lebih driver’s oriented ketimbang pendahulunya. Tempat duduknya hampir sempurna menopang badan, dan tuas transmisi di posisikan sangat tepat sehingga berada di torso pengemudi. Hasilnya, tuas transmisi begitu mudah untuk dipindahkan. Paddle shift di belakang lingkar kemudi juga memudahkan Anda untuk beraksi bak pembalap F1 ketika memindahkan gigi.

Mata Anda juga dimanjakan dengan panel instrument dua tingkat dengan dashboard baru yang lebih berkualitas. Kesemua ini membuat kami begitu jatuh cinta.

Kelebihan

Tampilan lebih sporty

Mesin baru dengan turbo

Kekurangan

Visibilitas kebelakang

Desain buritan menguatkan kesan

sporty

All­new Honda Civic Turbo memiliki bodi roll lebih minim dari Civic generasi sebelumnya

1. Kursi pengendara

yang ergonomis

2. Head unit dengan

layar display

All­new Honda Civic Turbo memiliki bodi roll lebih minim dari Civic generasi sebelumnya 1. Desain buritan menguatkan kesan sporty

2. All­new Honda Civic menggunakan lampu utama full LED dengan Daytime Running Light

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.