TARGET STORY

Cek Kondisi Kendaraan Anda

Target Car - - Target Editorial - HELMI Alfriandy foto: Adji

Salah satunya adalah liburan lebaran, menjadi hal rutin setiap tahun bagi mereka yang ingin merayakan hari raya bersama dengan keluarga besar. Pulang ke kampung halaman memang memiliki sensasi tersendiri untuk mengobati rasa rindu dengan keluarga. Biasanya satu minggu sebelum Lebaran, kendaraan pemudik dari kota-kota besar mulai memenuhi ruas jalan yang biasa digunakan menuju segala penjuru pulau Jawa dan Sumatera. Dua pulau ini yang memang mobil masih menjadi salah satu kendaraan yang paling sering digunakan oleh para pemudik.

Seiring bertambahnya jum lah mobil yang melakukan perjalanan mudik, juga diikuti dengan resiko kecelakaan mobil di perjalanan. Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti kondisi fisik, kondisi jalan, dan juga kondisi mobil itu sendiri. Kondisi kesehatan mobil merupakan salah satu faktor penting yang menyebabkan kecelakaan karena minimnya kepedulian pengemudi untuk mengecek keadaan mobilnya. Oleh karena itu, kami membuat beberapa tips bagi para pemudik agar terhindar dari kecelakaan.

Mungkin tips seperti ini hanyalah sebuah klise, tetapi berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, kecelakaan masih saja banyak terjadi di ruas-ruas jalan yang digunakan oleh pemudik. Maka tak ada salahnya apabila kami

Sebelum liburan, baiknya Anda melakukan pengecekan terhadap kendaraan.

mengingatkan Anda kembali akan pentingnya kesiapan kondisi mobil itu sendiri.

Banyak dari pemudik masih melupakankondisikesehatan mobilnya karena berbagai alasan, seperti kurangnya edukasi terhadap perawatan mobil, bahkan hingga mereka yang malas mengantri di bengkel karena biasanya lonjakan konsumen bengkel menuju hari raya Lebaran meningkat signifikan. Di era modern seperti ini informasi semestinya semakin mudah didapatkan, seperti informasi tentang program bengkel yang mengadakan paket diskon khusus untuk pengecekkan mobil, jadwal pembuatan janji untuk service, dan banyak hal lainnya.

Seperti yang dikatakan Subagyo selaku Service Head dari Auto2000 Alam Sutera, mereka mengadakan program diskon service pra mudik untuk membuat para konsumen tertarik melakukan servis berkala mobilnya ke bengkel jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba yaitu pada tanggal 1 Juni hingga 21 juni 2016. Hal ini dilakukan agar kendaraan yang akan diperiksa tidak menumpuk menjelang lebaran dan

menyulitkan pihak bengkel dalam mengatur jadwal yang mendadak.

“Kebiasaan orang-orang masih saja ada yang mempersiapkan mobilnya terlalu dekat dengan hari Lebaran sehingga mohon maaf kami terpaksa menolak jika ada konsumen yang datang tanpa melakukan booking terlebih dahulu karena menumpuknya kendaraan yang ingin servis,” ujar Subagyo.

Kondisi di bengkel resmi ternyata tidak jauh berbeda dengan kondisi di bengkel umum. Seperti yang diungkapkan oleh Dayat, Kepala Bengkel Hemat BBM Provis di bilangan Bintaro. Ia menyarankan bagi konsumen yang sudah merencanakan untuk mudik Lebaran agar segera memasukan mobilnya ke bengkel dan melakukan pengecekan jauh hari sebelum akan melakukan perjalanan. Karena bengkel resmi maupun umum selalu memiliki lonjakan konsumen di hari-hari mendekati lebaran.

Menurut Dayat untuk berjaga-jaga selama perjalanan, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa barang yang akan membantu jika terjadi kondisi darurat. Peralatan standar untuk mengantisipasi kerusakan mobil seperti membawa ban serep yang berkondisi baik, dongkrak, dan tools standar mobil lainnya. “Alat pendukung seperti lampu senter, segitiga pengaman, juga lebih baik dibawa untuk membantu pengerjaan apabila mobil mengalami kerusakan pada malam hari. Apabila Anda cukup mahir dalam mereparasi mobil Anda sendiri, alangkah lebih baik Anda membawa cadangan fan belt karena usia part tersebut terkadang sulit di prediksi,” tukas Dayat.

Perihal memeriksa kendaraan, baik di bengkel resmi ataupun bengkel umum tetap menyarankan pemeriksaan rutin layaknya Anda melakukan servis berkala.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperiksa ketika Anda berencana untuk melakukan perjalanan jauh:

Oli MESIN

Oli mesin merupakan yang paling mudah pertama kali dicek yaitu dengan melihat apakah stick oli berada pada batas normal. Apabila mengalami kekurangan lebih baik ditambahkan dengan tipe oli yang sama, pencampuran antar jenis oli sangat tidak di-

sarankan. Tetapi apabila setelah ditambahkan oli masih mengalami pengurangan, lebih baik mengecek mobil tersebut lebih jauh karena dapat terindikasi adanya kebocoran. Juga melihat apakah oli tersebut masih terlihat bagus atau tidak, apabila sudah kehitaman lebih baik oli tersebut diganti. Biasanya, di setiap bengkel tempat Anda terakhir mengganti oli telah mencatat kapan oli mobil tersebut harus diganti lagi untuk menjadi patokan Anda.

RADIATOR

Bagian ini merupakan bagian penting juga dimana radiator berfungsi sebagai pendingin suhu ruang mesin. Radiator seharusnya memiliki cukup air di dalamnya dan memiliki warna yang bersih tanpa adanya kotoran. Apabila air radiator kurang, ada baiknya Anda mengisinya kembali. Tetapi apabila dalam waktu singkat air berkurang kembali lebih baik mengeceknya kembali karena bisa jadi ada kebocoran di mobil Anda. Caranya dengan mengetesnya menggunakan radiator tester yang dapat mengindikasi kebocoran dengan cara memompa udara ke dalam radiator, seperti yang biasa dilakukan oleh Dayat di Provis. “Alat seperti ini jarang dimiliki oleh bengkel umum,” jelas Dayat. Tetapi di bengkel resmi seperti Auto2000 alat radiator tester pasti tersedia. Dan jangan lupa, apabila air sudah berkerak lebih baik mengurasnya dan mengganti dengan air yang baru.

PERANGKAT REM

Apabila mobil mengalami kerusakan mesin mungkin hanya berakibat mogok, tetapi apabila rem yang mengalami kerusakan, bukan tidak mungkin nyawa yang menjadi taruhannya. Oleh karena itu rem sebaiknya dalam kondisi prima dari mulai oli rem dan juga kanvas rem. Apabila oli rem sudah kotor, sebaiknya menguras dan menggantinya segera. Agar memudahkan pengecekan oli rem disarankan menggunakan oli rem yang berwarna putih. Sehingga kotoran dapat terindikasi dengan mudah. Kanvas rem yang sudah tipis juga sebaiknya segera diganti.

kaki-kaki Mobil

Bagian kaki mobil juga sering terlewati untuk diperiksa karena posisinya yang tidak dapat terlihat langsung tanpa membuka ban. Tetapi kerusakan biasanya dapat terindikasi melalui bunyi-bunyi dari

lingkar kemudi saat melalui jalanan yang agak rusak. Provis maupun Auto2000 menyarankan agar pemeriksaan kaki-kaki dilakukan secara lengkap seperti tie rod, shock absorser, bearing, serta bagian lainnya. Apabila bagian tersebut sudah rusak sebaiknya langsung diganti sehingga pengemudi dapat dengan nyaman melakukan perjalanan. Khususnya mobil penggerak roda depan, bagian kaki menjadi lebih ringkih karena transfer tenaga dibebankan seluruhnya di depan.

ban

Ban merupakan hal yang paling mudah diperiksa tetapi paling mudah juga terlupakan, apalagi ban cadangan. Sebaiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk memeriksa ban cadangan apabila akan melakukan per- jalanan jauh, karena dapat membantu sekali jika terjadi ban bocor di tempat yang jauh dari keramaian hingga ke bengkel terdekat. Walaupun ban cadangan ini tidak dalam keadaan baru dan sudah tipis, minimal keadaan ban dapat digunakan walaupun untuk melaju lamban.

INJECTOR

“Sebaiknya injector ini dibersihkan setiap 15.000 km. Sehingga semprotan bensin

yang keluar dari injector tidak tertahan oleh kotoran dan memiliki volume yang sama pada setiap semprotannya,” ujar Dayat.

Jika Anda sudah melakukan servis berkala baik di bengkel resmi atau umum, ada baiknya Anda mengikuti saran dari bengkel jika diharuskan melakukan pergantian spare part. Karena hal ini akan berdampak pada keselamatan dan keamanan Anda dan juga pengguna jalan lainnya. Memang menurut Subagyo dan Dayat, secara umum karakter pemilik mobil yang datang ke Auto2000 maupun Provis biasanya menuruti apa yang bengkel rekomendasikan untuk mengganti suku cadang yang sudah rusak.

Jarang sekali ada konsumen yang tidak menuruti apa yang direkomendasikan oleh bengkel karena memang bengkel resmi memperkirakan dengan matang sehingga merujukkan untuk mengganti spare part suatu mobil. Begitu pun dengan Provis, tetapi bedanya, karena Provis bukan bengkel resmi, mereka memiliki ragam pilihan sparepart aftermarket dengan harga yang lebih beragam, sehingga konsumen dapat memilih produk mana yang ia inginkan.

Dayat juga menambahkan ada baiknya setelah melakukan perjalanan jauh, mobil juga sebaiknya melakukan perawatan kembali, apalagi apabila mobil terasa mulai tidak enak dan telah melalui jalur ekstrim. Tetapi berbeda dengan apa yang Subagyo katakan, pasca mudik kendaraan tidak perlu kembali ke bengkel selama kilometer mobil belum mencapai waktu service berkala lagi. Kecuali bagi mereka yang melalui jalur ekstrim ataupun merasa ada kejanggalan pada kendaraannya.

Pastikan barang bawaan anda tidak berlebihan

Periksa tekanan udara ban sebelum berpergian

Servis rutin termasuk penggantian oli mesin dan transmisi sesuai anjuran

Pemeriksaan kinerja rem

Isi air radiator sesuai ukuran

Periksa oli mesin kendaraan

Jika minyak rem sudah berubah warna

sebaiknya diganti dengan yang baru

Alat untuk mengukur kebocoran radiator yang dimiliki oleh bengkel Provis

Karet-karet seperti fan belt juga termasuk komponen yang diperiksa

Injektor sebaiknya diperiksa tekanannya dan dibersihkan setiap 15.000 km

Sektor kaki-kaki juga harus diperiksa agar perjalanan jauh Anda nyaman

Periksa juga karet-karet selang radiator, jika sudah keras sebaiknya diganti

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.