Mitsubishi Strada HDX

Mitsubishi All New Strada HDX DC

Target Car - - Target Editorial - Ahmad Sawaludin Foto : Adji

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi, menghadirkan pick up kabin ganda terbarunya, Mitsubishi All New Strada. Sejak diluncurkannya Mitsubishi Strada pada 2007, kendaraan ini selalu menjadi pemimpin pasar di kelasnya. Hal ini turut mendorong Mitsubishi meningkatkan pangsa pasarnya menjadi 50,1% (per Juni 2015) di segmen Light Commercial Vehicle (LCV) saat terjadinya penurunan permintaan kelas pick up 4x4 sebesar 16%.

Digandang-gadang sebagai "Sport Utility Double Cabin", Mitsubishi All New Strada diklaim sudah teruji dapat menaklukkan berbagai medan ekstrim dengan tawaran kenyamanan layaknya sebuah mobil penumpang. Di Indonesia, Triton baru ini hadir dengan empat varian, Exceed, GLS, HDX (Double Cabin) dan HDX (Single Cabin). Semua varian menggunakan mesin serupa, 4-silinder 2.5 liter DI-D Commonrail. Yang berbeda, tipe Exceed, menggunakan turbocharger berteknologi

Saat ini Triton menjadi pemegang tahta pasar pick up double kabin.

Variable Geometry Turbo (VGT) dengan intercooler, tipe GLS menggunakan turbocharger dengan intercooler (NON-VGT) dan tipe HDX hanya menggunakan turbocharger saja.

Tak hanya di sektor mesin, All New Strada juga memperbaharui sektor kabin untuk meningkatkan kenyamanan, antara lain dengan leg room terpanjang di kelasnya. Penyambungan rangka di beberapa bagian ruang mesin meningkatkan kekuatan, sekaligus keselamatannya. Selain itu, penambahan volume karet pada dudukan badan mobil (body mounting) bertambah 119 persen, yang menjadikan All New Triton lebih tahan terhadap guncangan. Ruang kargo juga bertambah panjang menjadi 1.520 mm dan bertambah tinggi menjadi 475 mm. total ruang kargo ini lebih luas 1,1 m3 dibanding model sebelumnya.

Kami mencobanya di lintasan khusus perumahan Bhumi Nirwana Indah Balikpapan, Kalimantan Timur, Triton tipe Exceed dikendarai oleh dua kali juara Rally Dakkar, Hiroshi Matsuoka dan pereli nasional Rifat dan Rizal Sungkar. Matsuoka memberikan contoh saat melibas trek lurus dengan kecepatan tinggi di jalan tidak rata, di dalam kabin tetap nyaman. Bahkan saat menikung, gejala body roll tidak terlalu berlebihan, meski ground clearence All New Triton ini cukup tinggi (220 mm).

Sementara pada lintasan yang dibuat dengan variasi tanjakan, turunan, jalan miring dan genangan lumpur memungkinkan untuk mengeksplorasi kemampuan mobil ini sepenuhnya. Menggunakan gear 1 dan posisi tuas di 4L, All New Triton mampu merayap dengan baik, bahkan di tanjakan dengan sudut di atas 30 derajat. Begitu juga dengan turunan terjal, cukup masuk gear 1 di 4L, dan engine break akan menghambat laju mobil, tanpa pemakaian rem berlebihan. Saat berbelok tajam sekali pun, All New Triton mampu berbelok dengan mudah, berkat penyempurnaan di sistem kemudi yang dapat memperkecil radius putar menjadi hanya 5,9 meter, atau yang terkecil di kelasnya. Inilah andalan pekerja segala medan.

Bagian dasbor yang sangat

mirip dengan saudaranya

Mesin diesel dengan suntikan turbo

Tuas transmisi manual dan tuas pemindah penggerak roda 4x4

Menggunakan ban pacul

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.