BMW X5 XDrive

Target Car - - Target Editorial - Amal A. Gozali Foto-foto: Setyo Adi

BMW X5 generasi ketiga yang diperkenalkan BMW Group medio April 2015 lalu, kali ini sudah mulai dirakit di Indonesia dengan mengadopsi varian mesin diesel terbaru. Disebut BMW sebagai Sports Activity Vehicle, X5 diklaim menggabungkan kehandalan di jalanan offroad dengan pengendaraan on­road yang nyaman dan agresif.

BMW X5 xdrive25d yang kami coba mengadopsi mesin diesel 4­silinder 2.0 liter BMW Twinpower Turbo. Mesin ini memiliki turbocharger dengan variable geometry dan common rail direct injection yang sanggup menghasilkan tenaga maksimum 218 hp pada putaran 4.400 rpm dengan torsi puncak 450 Nm pada 1.500 – 2.500 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan kepada semua roda melalui transmisi Sport Otomatis Steptronic 8­speed.

Dari luar, Anda dapat dengan mudah mengenali mobil ini berkat kidney grille khas BMW dengan kombinasi twin circular headlights. Garis kontur berbentuk X pada bagian bumper, menegaskan kendaraan ini bagian dari keluarga BMW X­series. Sebagai tambahan, X5 generasi ketiga menjadi model pertama yang mengadopsi Aero Blades di bagian luar.

Mudah untuk menemukan posisi duduk ideal berkat pengaturan jok supir secara elektrik. Lingkar kemudi terasa nyaman serta mantap untuk digenggam. Anda dapat menemukan berbagai fitur yang tersemat di lingkar kemudi, mulai dari pengaturan sistem hiburan, Hill Descent Control hingga Cruise Control. Anda dapat memantau kinerja xdrive secara langsung melalui layar kontrol dengan grafis yang menarik. Informasi yang

Memiliki kehandalan melibas segala medan jalan.

ditampilkan adalah body roll yang dialami, serta traksi roda.

Nuansa kabin yang ditawarkan terasa mewah dan menyenangkan, berkat penggunaan jok berbahan kulit yang nyaman. Anda juga dapat mengatur nuansa cahaya ambient melalui sistem hiburan dan menyesuaikan dengan selera Anda. Panoramic roof menambah pencahayaan alami ke dalam kabin dan memberi kesan lapang.

Fitur Hill Descent Control merupakan fitur pengaturan kecepatan saat menghadapi medan turunan yang curam. Saat Anda mengaktifkan fitur ini, sistem akan membatasi kecepatan minimum pada 8 kpj dan Anda bisa mengaturnya melalui scroll yang terletak di lingkar kemudi sebelah kiri. Anda bisa menurunkan kecepatan dengan menginjak rem, atau meningkatkan kecepatan melalui pedal gas. Yang perlu diingat, saat menginjak pedal rem terkadang pedal akan memberikan respon seakan sedang berdenyut. Hal tersebut menandakan sistem ABS sedang bekerja.

Berbicara mengenai pengendalian, mobil dengan ground clearance 209 mm ini terbilang nyaman untuk dikendalikan pada kecepatan tinggi. Saat meluncur dengan kecepatan 150 kpj, masih mudah untuk melakukan manuver dan bantingannya terasa stabil. Hal ini berkat penggunaan sistem xdrive yang mendistribusi­

kan torsi kepada empat roda sesuai dengan kebutuhannya. Suara mesin dieselnya terbilang halus, Anda akan sulit membedakannya dengan mesin bensin jika tengah berada pada putaran rendah.

Selain bisa dihandalkan di jalan raya, sistem xdrive dapat digunakan untuk melewati medan offroad dan memliki kemampuan menembus ketinggian air hingga 500 mm. Adaptive suspension package ‘Comfort’ dengan Dynamic Damper Control dan air suspension memberikan rasa nyaman. Karakteristik suspensi tersebut bisa diubah melalui mode berkendara untuk menyesuaikan kebutuhan.

Berbicara mengenai kepraktisan, bangku belakang X5 memiliki konfigurasi lipat 40:20:40, sehingga memudahkan untuk mengatur barang bawaan. Fitur lainnya yang cukup membantu adalah tailgate dibuat menjadi dua bagian. Bagian bawah dapat dilipat secara horizontal untuk membentuk permukaan yang rata dengan bagasi. Tailgate bagian atas sudah mengadopsi sistem otomatis, sehingga bisa dibuka maupun ditutup menggunakan remote maupun sentuhan tombol.

Secara keseluruhan, X5 xdrive25d memberikan kesenangan berkendara

berkat mesin yang menyenangkan dan pengendalian yang mantap karena sistem xdrive. Beberapa hal yang agak mengganggu adalah belum tersedianya kamera mundur, Anda hanya mengandalkan sensor parkir saja. Dan satu hal lagi, X5 belum dilengkapi oleh paddle shift, meski Anda dapat menggunakan fitur sequential shift di tuas transmisi sebagai gantinya.

Kelebihan

Handling ●

● Fitur keselamatan lengkap

Kekurangan

Minim kamera ●

mundur

Diklaim menggabungkan kehandalan di jalanan off­road dengan pengen

daraan on­road

Memiliki turbocharger dengan variable geometry dan common

rail direct injection

1. Lingkar kemudi terasa nyaman serta mantap untuk digenggam

2. Sederhana namun

informatif

1. Ruang bagasi yang

cukup lega

2. Panoramic roof menambah pen

cahayaan alami

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.