Mitsubishi Pajero Sport AT

Target Car - - Target Editorial - Octo Budhiarto Foto: Adji

Seperti tidak ingin kehilangan momentum dengan kehadiran versi terbaru Mitsubishi Pajero, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) terus menggenjot berbagai acara yang memperlihatkan ketangguhan All-new Pajero Sport yang muncul resmi akhir Januari 2016 lalu. Serangkaian acara test drive sukses digelar bagi para jurnalis hingga konsumen loyal Mitsubishi dan masyarakat umum.

Bahkan agar sosialisasinya makin melebar, Mitsubishi All-new Pajero Sport juga ikutan dalam promo film “Ada Apa Dengan Cinta (AADC)? 2, dengan menjadi ‘official car’ selama tour promo film tersebut ke beberapa kota besar di Indonesia. Beberapa kali test drive dengan jurnalis juga dilakukan untuk mendapatkan impresi pertama ketangguhan dan performa All-new Pajero Sport.

Agar lebih mendalami bagaimana karakter sesungguhnya Allnew Pajero Sport, pada 13-15 Mei 2016 lalu, KTB kembali menggelar “Explore Dewata with The All-new Pajero Sport – Media Adventure” yakni mengajak awak media untuk menguji langsung fitur dan performa All-new Pajero Sport di Pulau Bali. Rute diambil dari Denpasar hingga Bali Barat berjarak tempuh sekitar 300km. Rute ini merupakan paduan jalan perkotaan, pegunungan, hingga semi offroad yang cocok untuk SUV 7-penumpang ini.

"Dalam event ini, kami berharap media dapat menjelajah bersama fitur dan performa terbaru All New Pajero Sport. Ada 4 karakteristik utama All New Pajero Sport sesuai temanya 'A Vision to Explore' yang siap dieksplo-

Keliling Bali sambil menjajal kemampuan Mitsubishi All-new Pajero Sport.

rasi dalam perjalanan ini, yaitu High Quality Design, Quality Comfortable Cabin, Superior Performance, dan Innovation and Convenience," jelas Head of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) PT KTB, Intan Vidiasari.

Event ini sendiri terbagi dalam 2 grup perjalanan. Grup pertama rombongan media melakukan uji coba pada 10-12 Mei 2016, kemudian dilanjut grup kedua pada 13-15 Mei 2016. Tercatat ada sekitar 50 media dalam dua grup tersebut yang secara bergantian membawa 8 unit All New Pajero Sport.

“Kegiatan ini lebih mengenalkan karakter sesungguhnya All-new Pajero Sport. Kalau sebelumnya di area atau lahan terbatas, kali ini melakukan perjalanan lebih jauh dengan medan jalan variatif. Jadi bisa mengoptimalkan fitur dan performa All-new Pajero Sport,” papar Operating General Manager MMC Sales & Marketing Division KTB, Irwan Kuncoro, saat menyambut rombongan kelompok 2 media di Bandara Ngurah Rai, Bali. “Mau trek lurus, berkelok, naik-turun, hingga semi-offroad, semua ada dan

silakan dinikmati,” sambungnya.

Lincah DAN Responsif

Matahari pagi hangat menyambut rombongan jurnalis setibanya di Bandara Ngurah Rai. Kami pun langsung diarahkan ke 8 unit Mitsubishi All-new Pajero Sport tipe Dakkar 4x2 A/T dan Exceed 4X2 A/T yang terparkir rapi di parkiran. Usai briefing dan koordinasi, rombongan langsung memulai etappe I menuju Bedugul dengan jarak sekitar 80-an km dengan masa tempuh sekitar 2 jam.

Jalur dari Bandara melewati Denpasar hingga Kabupaten Badung, didominasi aspal mulus khas jalan perkotaan. Lalu-lintas yang ramai membutuhkan kelincahan dari sebuah SUV yang cukup bongsor. Di sinilah All-new Pajero Sport menunjukkan kelincahan. Paduan dari putaran lingkar kemudi yang ringan, tenaga mesin yang responsif, transmisi otomatis yang halus, hingga ruang visibilitas All New Pajero Sport yang luas, memudahkan pergerakannya di saat lalu-lintas agak padat.

Masuk wilayah Kabupaten Tabanan dan Buleleng yang banyak didominasi

tanjakan dan kelokan tajam, di sinilah performa mesin diesel terbaru Allnew Pajero Sport Dakar 4x2 A/T ini diuji. Mesin bertipe 4N15 2.4 MIVEC dengan VGT dan Intercooler ini menunjukkan kelasnya yang bertenaga. Raungan mesin dieselnya cukup teredam baik di kabin. Tanjakan curam dengan kelokan tajam di daerah seputar Danau Bratan-bedugul-buleleng, berhasil ditaklukkan All-new Pajero Sport tanpa kesulitan berarti.

Etape I Denpasar-bedugul berakhir di sebuah lokasi wisata dan tempat makan Secret Garden Village. Selain rehat makan siang, di lokasi ini awak media berkesempatan melihat proses pembuatan lulur dan kopi khas Bali. Dari sini, rombongan melanjutkan perjalanan etappe II menuju Taman Nasional Bali Barat (TNBB). TNBB ini memiliki luas sekitar 77.000 hektar dengan habitat hutan dan savana. Tiba di lokasi TNBB yang sudah menjelang sore, rombongan mencicipi jalur semioffroad sambil mengeksplorasi keindahan desain signature rear brake Allnew Pajero Sport yang unik.

Sebelumnya, butuh waktu hampir 3 jam untuk mencapai wilayah TNBB karena kondisi jalan berkelok tajam dihiasi kontur naik-turun sehingga butuh konsentrasi mengemudi yang tinggi. Performa mesin terbaru All-new Pajero Sport dengan 181Ps/3.500rpm dan torsi maksimal 430Nm/2.500rpm, memberikan kenikmatan tersendiri. Adrenalin terkuras hebat, terlebih dengan sokongan transmisi 8-speed A/T dengan Sport Mode dan Paddle Shift. Lincah dan bertenaga.

Perjalanan hari pertama ditutup dengan menikmati sore sambil beraktivitas out-door seperti berenang dan menyelam, hingga makan malam di Octagon yang terletak di sisi Pantai Menjangan. Selanjutnya ditutup rehat hari pertama di Naya Gawana Resort.

BERLIMPAH fitur

Perjalanan menuju Bedugul dengan target makan siang di Restoran De Danau di dekat Danau Bratan menempuh waktu sekitar 2,5 jam. Perjalanan ini tak kalah menarik, eksplorasi berbagai fitur canggih pada All New Pajero Sport terus dilakukan. Ketika menghadapi pengereman mendadak, kinerja ABS, EBD, dan BA menunjukkan performanya yang handal. Beberapa kali Dakar yang kami tumpangi terpaksa harus mengerem dadakan akibat situasi lalu-lintas yang kadang di luar dugaan.

Aspek pengendaraan All New Pajero Sport juga membuat si pengemu-

di tidak cepat lelah. Bahkan malah menikmati perjalanan yang penuh tantangan ini. Saat bermanuver di tikungan tajam maupun saat menyalip menjadi lebih stabil dan aman berkat fitur Active Stability Control (ASC) yang menjaga kestabilan dan keseimbangan kendaraan saat bermanuver. Gejala body-roll pun menjadi minim.

Saat bertemu sebuah truk yang berhenti karena tidak kuat menanjak, fitur Hill Start Assist cukup menahan kendaraan beberapa saat setelah melepas pedal rem di tanjakan untuk berikutnya beralih ke pedal gas. Ground clearance 218mm yang tinggi, membuat rasa percaya diri yang tinggi ketika melewati jalan non-aspal.

Saat melewati jalan tembus di TNBB, performa suspensi depan double wishbone dengan per keong dan suspensi belakang 3-link type rigid dengan per keong, cukup menahan ayunan bodi akibat medan yang berat. Setelah melalui waktu tempuh hampir 3 jam, sampailah rombongan di Maya Sanur Resort & Spa. Di lokasi inilah akhir dari perjalanan sejauh 300-an km bersama All New Pajero Sport yang mengesankan. Besok siangnya, kami pun bersiap pulang ke Jakarta.

Kelebihan

Mesin responsif

Fitur lengkap

Kekurangan

Kursi baris ketiga

Nuansa kabin dengan

dominasi warna hitam, plus aksen

krom dan kayu

1. Ruang bagasinya

cukup lega

2. Tuas rem tangan mengadopsi model elektrik

Adrenalin terkuras hebat, terlebih dengan sokongan transmisi otomatis 8-speed dengan Sport Mode dan

Paddle Shift

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.