Honda BR-V

Target Car - - Target Editorial - Benny Hidayat Foto: Adji, HPM

Kendati baru muncul dan unitnya baru terkirim ke konsumen bulan Januari lalu, Honda BR-V mulai tunjukkan eksistensinya. Terlebih, ketika kehadirannya tidak mengganggu posisi saudara kandungnya, yaitu Honda HR-V dan Honda Mobilio.

PT. Honda Prospect Motor (HPM) menyiapkan Honda BR-V secara matang agar dapat merebut hati para calon konsumennya. HPM menyodorkan BR-V dengan beberapa kelebihan yang tidak dimiliki kompetitorya seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Walaupun sebenarnya, BR-V ini mengkategorikan diri sebagai sebuah kendaraan kelas Crossover.

“Honda BR-V diharapkan akan meneruskan tradisi Honda yang menguasai pasar kendaraan jenis SUV di Tanah Air, apalagi dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor di kelasnya. Sudah tidak bisa dielakkan lagi untuk berkompetisi langsung dengan dua merek kompetitor yang lebih dahulu bergulat di pasar low SUV,” ucap Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT. Honda Prospect Motor.

"Kita coba cek dari Desember 2015 kemarin hingga bulan ini kalau trend penjualan HR-V dan Mobilio terus naik, tidak ada perubahan," ujar Jonfis. "Semoga kecenderungan ini terus menunjukkan trend yang positif. Tidak mengganggu satu sama lainnya," lanjutnya.

Honda BR-V mulai membentuk segmennya sendiri dengan karakter atau ciri khas yang diusungnya. BR-V dipilih oleh mereka yang punya jiwa petualang dan berani menerima tantangan, yang ingin pergi secara

Di prediksi akan merajai pasar mobil keluarga Indonesia.

bersama-sama. "Di sinilah BR-V sebagai Crossover 7-Seater memainkan perannya. Keluarga muda atau mereka yang enerjik dan selalu ingin mencari petualangan baru, bisa terakomodir," sebut Jonfis.

Menurutnya, segmen HR-V dan Mobilio juga sudah dibedakan dari konsep awalnya. Honda HR-V lebih ke arah Compact SUV dengan aplikasi interior yang sporty dan individualis khas coupe. Sedangkan Honda Mobilio memang tipe LOW-MPV sebagai 'entry level type' bagi mereka yang butuh mobil keluarga multifungsi. Honda BR-V sendiri menjadi sebuah crossover SUV 7-seater yang memadukan kehandalan dan ketangguhan sebuah SUV dengan kepraktisan serta multifungsi sebuah MPV.

Ditambahkan oleh Jonfis Fandy, Honda punya prospek bagus dan menjanjikan di Pulau Bali dan lingkup Jawa Timur. "Mungkin mereka cocok dengan karakter SUV yang kita punya. CR-V diminati di Bali, berikutnya ada HR-V dan sekarang ini BR-V. Dengan banyak lokasi wisata di Bali yang selalu tumbuh dan berkembang, harapan kami Honda bisa terus mendukung industri pariwisata di sini yang ramah lingkungan tentunya," terang Jonfis.

Sebagai sebuah 7-seater Crossover SUV pertama Honda di Indonesia, Honda BR-V mengusung jargon “Only The Braver”. Jargon ini menegaskan karakter Honda BR-V sebagai kendaraan tangguh, yang menjelajah berbagai medan untuk aktivitas baru yang menantang.

Menguji Ketangguhan BR-V

Pihak HPM mengundang awak media cetak dan online untuk menjajal Honda BR-V di pulau Bali. Perjalanan di mulai, dengan puluhan BR-V yang

terparkir rapi di sisi pantai. Menyususri jalanan berbatu hingga beraspal menuju Ayana Resort sebagai tempat beristirahat pada hari pertama.

Keesokan harinya perjalanan berlanjut, rombongan Honda BR-V bergerak menuju kawasan Kintamani. Melewati jalanan menanjak dan berkelok-kelok, dengan tujuan perjalanannya adalah Batur Geopark.yang merupakan kawasan kaldera berbatu yang terbentuk dari lahar letusan gunung Batur.

Sementara pada hari terakhir, rombongan BR-V mengunjungi Taman Safari Bali. BR-V inilah menjadi kendaraan pertama yang diperbolehkan memasuki kawasan tersebut. Biasanya para pengunjung harus naik bis yang disediakan oleh pihak Taman Safari untuk memasuki areal binatang.

Dari hasil mengikuti kegiatan media tes tersebut, Autocar mendapati beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Honda BR-V. Berikut poin-poin yang berhasil Autocar rangkum.

1. Ruang Kabin lebih lapang

Honda BR-V berdimensi panjang 4.446 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm. Menawarkan ruangan kabin lebih lapang. Duduk baris kedua cukup nyaman dengan head room cukup tinggi. Sedangkan duduk pada baris ketiga dengan tinggi badan 170 cm tidak terlalu sempit. “Kendaraan ini lebih panjang, lebih tinggi dan lebih lebar di bandingkan Honda Mobilio, sehingga mendapatkan kabin cukup lega,” tambah Jonfis Fandy.

2. BERTENAGA dan Efisien

Menawarkan kinerja mesin dengan performa mumpuni dan komsusmsi bahan bakar efisien. Karena BR-V menggunakan mesin 4 silinder SOHC 16 katup I-VTEC 1.5L sama seperti Mobilio. Tenaga

maksimalnya 120 PS dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm. Saat Autocar mencoba, tekanan spontan pedal gas langsung terasa limpahan tenaga mesin yang digendong BR-V.

3. peredaman Suspensi lebih Baik

Peredaman suspensinya tergolong cukup empuk dan stabil untuk sebuah crossover SUV. Menikung dengan kecepatan 40 kpj hingga 60 kpj terasa mantap. Kinerja suspensi Macpherson Strut dan H-shape Torsion Beam, mampu mereduksi guncangan dan getaran saat melintas jalanan berbatu di daerah Gunung Batur.

4. transmisi CVT

Merupakan salah satu transmisi modern yang digunakan oleh Honda BR-V, dengan memberikan kelebihan yaitu komsumsi bahan bakar lebih efisien dan perpindahan giginya yang halus.

5. ac Model digital

Untuk pendingin ruangannya, BR-V dilengkapi AC double blower dengan tombol pengoperasian menggunakan model digital, seperti yang digunakan pada kendaraan premium pada umumnya.

6. Keamanan dan Keselamatan

Untuk keamanan telah dilengkapi teknologi G-CON untuk melindungi kendaraan saat benturan, sistem rem cakram (depan) dan tromol (belakang). Dilengkapi pula dual airbags. Fitur keselamatan canggih juga mengusung Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist.

Sebagai pembuktian awal, pihak HPM menyatakan BR-V sudah mencatat angka penjualan sebesar 22.847 unit pada bulan April 2016. Berbasis dari Mobilio dan diposisikan sebagai kendaraan Crossover SUV (Sport Utility Vehicle), BR-V telah menjadi salah satu tulang punggung penjualan mobil Honda di Indonesia.

Kelebihan

7 penumpang ●

● Ground clearance

Kekurangan

Kursi baris ketiga ●

Menawarkan kinerja mesin dengan performa

mumpuni dan komsusmsi bahan

bakar efisien

Berbagai kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor di

kelasnya

1. Memiliki kursi baris ketiga yang dapat dilipat

2. Posisi mengemudi

yang ergonomik

3. Memiliki posisi head room dan leg room yang lega

Berbasis dari Mobilio

dan diposisikan sebagai kendaraan Crossover SUV (Sport Utility

Vehicle)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.