Honda New Brio RS CVT

Target Car - - Target Editorial - Benny Hidayat Foto: Danang, HPM

Honda Brio memiliki penjualan yang cukup baik. Untuk Brio saja hingga saat ini telah mencatat penjualan sebesar 45.702 unit, sedangkan Brio Satya mencetak angka 74.352 unit. “Kehadiran Honda Brio telah memicu tren City Car di Indonesia dengan memberikan paket lengkap yang meliputi desain atraktif, performa sporty, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, sekaligus harga yang terjangkau. Berbagai perubahan serta varian baru Honda Brio semakin melengkapi karakter Honda Brio sebagai sahabat yang paling dapat diandalkan oleh konsumennya,” ungkap Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor.

Dan kini, Honda Brio mengalami beberapa ubahan dan penambahan fitur yang membuat penampilannya kini lebih modern dan dinamis. Be­ berapa ubahan tersebut dapat Autocar nikmati beberapa waktu yang lalu, dengan berkendara menggunakan New Honda Brio Brio RS dengan menempuh rute dari Jakarta, Sentul City, hingga tujuan akhirnya adalah daerah Cipanas.

Dari segi dimensinya tidak ada yang berubah dari kendaraan ini, Brio RS kini memiliki tampilan barunya. Dengan bumper depan berdesain terbaru yang mirip dengan milik Mobilio, bumper tersebut kini lebih besar dengan air scope yang cukup besar pada bagian tengah layaknya kendaraan jenis sport. Lampu depannya kini menggunakan desain baru, dengan projektor headlamp berteknologi LED Light Guide akan memberikan penerangan yang lebih baik. Sementara bagian grille kini lebih mewah dengan aksen krom dan label RS pada bagian

Hadir dengan varian RS dengan tambahan transmisi CVT.

samping logo kendaraan.

Bagian buritan tidak terlalu banyak mengalami ubahan yang cukup drastis, kaca belakangnya sudah dilengkapi dengan wiper. Bagian interior, didominasi warna hitam pada bagian interiornya dan sedikit warna orange pada bagian jok. Bentuk dasbornya kini menggunakan desain baru, tidak lagi mengadopsi lubang AC berbentuk bulat, kini lebih dinamis dan lebih mirip dengan desain dasbor milik Mobilio. Untuk sistem audionya, menggunakan head unit dengan layar berukuran 6,2” berteknologi touchscreen. Tak ketinggalan terdapat remote audio pada bagian stir, untuk menunjang kenyamanan saat berkendara.

Dapur pacunya tetap mengandalkan mesin 4­silinder SOHC berkapasitas 1.198 cc. Mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya hingga 90 hp pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi sebesar 110 Nm pada 4.800 rpm. Dan untuk transmisinya kini menggunakan CVT, sehingga membuat perpindahan giginya lebih lembut tanpa hentakan dan tentu saja efisien bahan bakar.

Gaya Brio RS memang memiliki karakteristik sebagai kendaraan kawula muda, apalagi dengan performanya yang cukup baik. Cukup responsif, saat melibas jalan menanjak cukup bertenaga. Sementara handlingnya tetap baik, di tunjang dengan penggunaan suspensi yang sudah di tunning ulang walau terasa agak keras namun tetap stabil saat melahap tikungan.

Kelebihan

Kursi pengemudi ●

● Transmisi

Kekurangan

Bagasi belakang ●

1. Mesin responsif

dan irit bbm

Kabin bernuansa

sporty

2. Bagasi cukup

untuk tiga tas berukuran sedang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.