Mini Clubman

Target Car - - Target Editorial - Billy Israj Foto: Adji

Bahkan yang terakhir ini diklaim menjadi model MINI paling besar yang pernah dipasarkan di Tanah Air. Dengan berat hampir 2 ton, bisa dibilang bukan lagi kelas bulu, dan dengan dimensi yang hampir sama dengan Golf, tidak bisa lagi dikatakan sebuah miniatur.

Tak heran jika arah yang MINI tuju sekarang lebih ke tingkat kepraktisan, fungsionalitas dan kaya akan fitur. MINI Cooper S Clubman yang berukuran 27 cm lebih panjang dan 9 cm lebih lebar dari pendahulunya, sementara jarak sumbu roda lebih panjang 10 sentimeter. Bagasi hadir dengan volume 360 liter, yang dapat diperluas menjadi 1.250 liter dengan melipat sandaran kursi belakang ke bawah dengan konfigurasi 40:20:40.

Sepertinya MINI menawarkan perpaduan terbaik antara kepraktisan sehari­hari, penggunaan jarak jauh, fleksibilitas, dan kenyamanan berkendara. Yang membedakannya dari model MINI lain, adanya pintu split di bagian belakang terdiri dari dua pintu yang membuka ke samping. Fitur ini secara efektif memberikan Cooper S Clubman status unik sebagai model enam pintu, menekankan fleksibilitas yang luar biasa dalam gaya khas MINI.

Makanya di samping, dia punya empat pintu. Kelapangan interior yang membuat seorang pebasket pun senang duduk di dalamnya selama beberapa bulan. Kemudi paddle shiftnya bisa dimaju­mundurkan, kursinya dirancang ulang, lantai bagasi dibentuk jadi suatu wadah multifungsi, bisa menampung koper atau pernik ‘lifestyle’ yang kotor, seperti papan ski atau snowboard.

Langkah MINI membuat varian yang tidak biasanya.

Instrumen pusat diintegrasikan pada panel instrumen Cooper S Clubman dengan harmonis. Dilengkapi dengan layar warna 8,8 inci yang merupakan display untuk fungsi infotainment, telepon, dan navigasi. Pemilihan dan pengendalian semua fungsi ini dipermudah oleh Control­ ler pada konsol tengah yang tersedia bersama dengan Radio MINI Visual Boost .

Saat mengendarainya, Cooper S Clubman juga dilengkapi dengan Head­up Display yang membentang di atas kolom kemudi, serta program infotainment lengkap MINI Con­

nected. Sehingga pandangan kami tetap tertuju ke depan. Secara cerdas, MINI Connected XL Journey Mate membantu rencanakan perjalanan pengemudi dan juga memberikan informasi dan rute yang diperlukan.

Di balik bonnet­nya yang pendek tersimpan mesin terbaru MINI TwinPower Turbo Technology khusus untuk model MINI Cooper S Clubman yang kami uji. Mesin tersebut dilengkapi dengan turbo, direct fuel injection dan variable camshaft control pada intake dan exhaust (double VANOS). Kombinasi ini membuat mesin 2.0­liter 4­ silinder MINI Cooper S Clubman menghasilkan angka­angka performa sporty. Output puncak 192 hp dan torsi maksimum 280 Nm mulai beroperasi di hanya 1,250 rpm.

Membawa mobil seharga Rp 700 jutaan ini jalan­jalan tetap mengasyikkan. Kombinasi dari dimensi compact, serta mesin galak, membuat Anda seperti berada di atas sebuah mobil Formula. Memang bukan konfigurasi yang canggih, tetapi mereka telah dirancang sedemikian rupa untuk memberikan MINI Cooper S Clubman cengkeraman dan stabilitas ketika menikung. Kekurangannya, mereka sedikit keras dan melelahkan saat melewati jalanan keriting.

Transmisi paddle shift 6­speed juga salah satu yang terhalus yang pernah kami kemudikan. Pergerakan tuas

yang ringan membuat berkendara semakin santai, bahkan di tengah jam sibuk. Isu lain tentang MINI adalah munculnya torque steer. Ini bukan hal buruk—mengingat selain untuk belok, komputer juga bertugas menyalurkan tenaga dan torsi ke aspal ke tiap roda secara simultan—tetapi dia bisa kentara dengan jelas ketika Anda injak pedal gas terlalu antusias di tikungan. Ia tidak akan menubrukkan diri ke pagar pembatas, namun ada baiknya Anda menggenggam kemudi dengan keras saat antusiame itu terjadi.

Siapa pun yang Anda ajak di MINI Cooper S Clubman pasti akan terkagum­kagum, apalagi duduk di depan. Dari mulai layout dasbor, bermacam warna sepanjang interior, hingga jok sport yang nyaman, MINI memang dirancang untuk menimbulkan reaksi. Bahkan, grafis dasbor muncul dengan tampilan format 3Deffect. Ada trackball di kemudi untuk memudahkan pengaturan berbagai fungsi multimedia melalui MINI’S Connected System.

Kluster lampu indikator dan rem belakang jadi satu dengan panel bodi. Ini diklaim memenuhi faktor keselamatan. Velg 19 inci punya desain rotor yang mampu mengalirkan udara ke dalam roda. Bahkan, pintu punya engsel ganda yang memberikan bukaan pintu yang makin lebar. Cukup inovatif, space­efficient, dan sedikit klasik. Seharusnya nama MINI Spaceman lebih pantas, bukan?

Kelebihan

Daya angkut ●

● Performa

mesin

Kekurangan

Suspensi agak ●

keras

Lebih panjang dari

model biasanya

Memiliki ruang bagasi yang cukup

lega

HUD menunjukan kecepatan berkendara

Menu informatif

MINI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.