Peugeot 3008

Target Car - - Target Editorial - Ardiantomi Foto-foto: Adji

Sebagai sebuah crossover, sejatinya merupakan hasil kawin silang antara SUV dengan MPV. Pada 3008, hal tersebut tampak dari ground clearance yang cukup tinggi dengan desain hampir menyerupai dimensi MPV kompak, dengan kaca depan landai, dan bagian belakang yang membungkuk. Bagian grille kini menggunakan desain dua palang, lampu depan utama diubah lebih tajam dengan DRL (Daytime Running Light), dan trim foglamp kini dihiasi strip krom yang elegan.

Dengan posisi duduk yang cukup tinggi dan kaca depan yang landai menghasilkan area pandang yang luas bagi pengemudi. Posisi duduk tinggi dan nyaman sangat mendukung pengendaraan yang dinamis.

Berbicara kepraktisan, Peugeot 3008 layak diacungi dua jempol sekaligus karena selain menawarkan penyimpanan pada konsol tengah yang cukup lega dan ditemani dua ruang untuk botol minum, Anda masih akan menemukan kompartemen di bawah palang kemudi, glove box, ruang tersembunyi di bawah dasar kaki penumpang, dan masih banyak lagi tempat untuk menyelipkan botol minum. Belum lagi, skema bagasi yang terdiri dari dua tingkat serta dengan split rear tailgate yang dapat dibuka menjadi dua bagian untuk kemudahan akses ke bagasi. Selain itu, apabila memerlukan ruang penyimpanan lebih besar, Anda dapat melipat bangku baris kedua.

Perubahan minor lainnya yang cukup signifikan datang dari sektor jantung mekanis berkode EP6CDTM. Mesin turbo berkapasitas 1.6 liter­nya kini dapat menyediakan tenaga hingga 163 hp pada 6.000 rpm, dari yang se­

Penyegaran desain ringan dengan peningkatan tenaga.

belumnya hanya 156 hp. Untuk torsinya mencapai 240 Nm yang mulai tersedia di putaran rendah 1.400 rpm.

Akselerasi 3008 cukup responsif serta minimnya turbo lag sangat mendukung pengendalian yang menyenangkan dari Peugeot 3008. Bobot lingkar kemudinya pun terasa sangat pas, memberikan kepercayaan diri dalam bermanuver walaupun mobilnya terbilang tinggi. Selain itu, Electronic Stability Program (ESP) siap membantu menjaga kestabilan dan menghindarkan dari gejala understeer dan oversteer. Saat dicoba berbelok dengan kecepatan tinggi masih terasa gejala body roll, namun terbilang minim.

Di samping tuas transmisi otomatis 6­speed tiptronic terdapat dua tom­ bol kecil yang akan mengubah mode pengendaraan, yakni mode S yang seketika akan melonjakkan putaran mesin dan mengubah rasa berkendara lebih sporty dan redaman suspensi sedikit lebih kaku saat diaktifkan. Tombol berikutnya merupakan mode Snow yang sejatinya mengoptimalkan traksi ketika berkendara di jalanan bersalju, namun di iklim tropis Indonesia mode ini bisa digunakan untuk jalanan yang licin seperti saat hujan.

Peugeot 3008 terbaru juga dibekali cruise control, speed limiter dengan minimal 25 kpj, Electronic Parking Brake, dan 6 titik airbag. Semua perubahan ini sepertinya sudah lebih dari cukup untuk sebuah facelift.

Kelebihan

Ground clearance ● cukup tinggi Mesin responsif

Kekurangan

Ruang bagasi

● terbatas. Perpindahan tuas ● transmisi terasa keras dan pedal kopling berat

1. Visibilitas yang

cukup baik

2. Mesin dengan turbo yang

responsif

Merupakan hasil kawin silang antara

MPV dengan SUV

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.