BMW M2

Target Car - - Target Editorial - Benny Hidayat Foto: Adji

Akhir Agustus 2015 lalu, Mazda Motor Corporation menyelenggarakan ASEAN Media Forum dengan mengajak para jurnalis dari seluruh negara ASEAN datang langsung ke markas besar Mazda di Hiroshima, Jepang. Dalam kesempatan tersebut, para jurnalis dari Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Thailand, Laos, Kamboja, Singapura dan Vietnam mendapatkan penjelasan lengkap mengenai seluruh proses penciptaan sebuah produk Mazda.

BMW M series selalu menghadirkan sensasi berkendara yang menakjubkan. Sejak 1972, BMW M telah menciptakan sejumlah kendaraan legendaris yang sukses memikat hati para penggila performa tinggi di seluruh dunia. Salah satunya adalah model klasik BMW 2002 Turbo, menjadi salah satu kendaraan paling memikat di zamannya serta kendaraan pabrikan Eropa pertama yang diproduksi dengan suntikan teknologi turbocharger.

Motorsport adalah akar dari BMW M Gmbh, seperti yang dapat terlihat pada seluruh line up kendaraan BMW M. Dengan mengusung tradisi tersebut, the all­new BMW M2 Coupé menunjukkan keunggulannya pada segi kedinamisan, sensasi berkendara, stabilitas, tingkat presisi lingkar kemudi dan kemudahan pengendalian tanpa mengorbankan faktor yang mendukung penggunaan sehari­hari.

Dari segi penampilannya, the allnew BMW M2 Coupe memiliki desain yang tajam dan agresif. Seperti halnya model­model kendaraan BMW pada arena balap, desainnya mewakili potensi performanya yang luar biasa. Desain yang tajam meleng­

Tawarkan teknologi motorsport yang sangat kompetitif di lintasan balap

kapi atributnya yang dinamis, desain dari the all­new BMW M2 Coupé mewakili potensi performa yang luar biasa.

Bagian bumper depan berukuran besar dengan intake udara yang cukup besar, dan fender samping yang besar dengan sisi samping dengan garis otot yang dipertegas insang pada bagian fender sebagai ciri khas M, begitupun dengan bagian gril menggunakan model desain yang sama seperti kebanyakan kendaraan BMW pada saat ini. Dan untuk menunjukan identitas khas performa M series, terdapat logo bertuliskan M2 pada bagian gril­nya.

Karena kendaraan merupakan model coupe dan untuk menunjukan kesan sporti, maka memiliki desain dengan dua pintu seperti halnya pada BMW M4. Selanjutnya bagian dimensinya terlihat cukup kompak, dengan garis desain yang menggoda membuat semua orang yang melihatnya akan terpana. Bagiab peleknya menggunakan desain double­spoke khas line up BMW M berbahan aluminium berukuran 19 inci, serta penggunaan knalpot M­specific twintailpipe memainkan peran penting dalam menunjukkan ciri khas M pada the all­new BMW M2 Coupé.

Masuk bagian interiornya, bagian dasbor berdisain modern dengan

model intrumen yang juga berdesain yang sangat khas. Logo BMW M tersemat pada bagian lingkar kemudi dan tuas transmisi, untuk menambah kental aroma yang kuat BMW M. Desain tempat duduknya juga sangat baik, dimana desain yang dibuat dapat memberikan kenyamanan saat mengemudi karena bagian jok memiliki lekukan yang seolah mengunci tubuh pengemudi atau penumpang agar tidak bergeser­geser saat kendaraan diajak bermanuver tajam.

Fitur menarik lainnya adalah BMW M Laptier, dapat menganalisa gaya mengemudi. Fitur tersebut akan merekam kecepatan kendaraan, putaran mesin, hingga komsumsi bahan bakar kendaraan itu sendiri. Ini akan semakin menarik karena kita akan dapat menganalisa atau mengetahui pengemudi dengan kendaraannya itu sendiri.

Lalu layar 8.8” menjadi sebuah layar informasi yang teramat penting, yang akan menampilkan sistem navigasi, juga informasi lainnya yang berkaitan dengan kendaraan itu sendiri. Sementara untuk hiburan dalam kabin, tersedia harddisk dengan kapasitas 20 GB, slot piringan DVD/CD, dan Usb/iphone. Sementara untuk sistem tata suaranya mengandalkan speaker Harman/kardon, yang tersebar di

seluruh ruangan kabin sebanyak 12 speaker.

Bagian dapur pacunya, mengandalkan mesin 6­silinder berkapsitas 2.979 cc dengan tambahan tenaga dari perangkat turbocharger. Sehingga sanggup memuntahkan tenaga maksimalnya sebesar 370 hp pada putaran mesin 6.500 rpm, dan torsi puncaknya adalah 500 nm pada putaran mesin 4.750 rpm. Sementara transmisinya menggunakan model otomatis dengan 7­Speed M Double Clutch Transmission (MDCT). Dan mampu menyelesaikan akselerasi 0­100 kpj cukup dalam waktu 4,3 detik.

Handlingnya juga cukup baik dan stabil, berkat fitur BMW M Dynamic Mode (MDM) yang merupakan sub­fungsi dari Dynamic Stability Control (DSC). Cara kerjanya ialah mampu secara efektif mengantisipasi oversteer maupun understeer atau kehilangan traksi dengan mengambil langkah­langkah untuk menstabilkan kendaraan.

Ketika menggunakan mode Sport+, respon tenaganya lebih kuat dan suspensinya berubah menjadi lebih rigid. Tenaga yang besar dari mesinnya tersebut seakan ingin melontarkan kendaraan tersebut lebih cepat, inilah mengapa varian M2 Coupe memang memiliki potensi performa yang luar biasa. Anda pasti akan ketagihan dengan performa galaknya.

Kelebihan

Performa ●

●Handling

Kekurangan

Kursi baris kedua ●

Kabin bernuansa

terang

1. Tongkat transmisi

sangat identik

2. Mesin 6-Silinder

dengan turbo

Panel intrumen bernuansa sport

Sunroof sebagai perlengkapan standar

Ruang bagasi cukup untuk membawa 3 koper berukuran

sedang

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.