Mercedes-Benz C300 Coupe

Target Car - - Target Editorial - Benny Hidayat Foto: Mercedes-benz, Benny

Mercedes-benz C-class Coupe, sudah dapat Anda pesan. Sayangnya pihak Mercedesbenz Indonesia hanya menyediakan satu varian saja, yaitu C300 Coupe.

“Kami memastikan bahwa hanya varian C300 Coupe saja yang akan masuk Indonesia, karena varian ini memiliki fitur terlengkap dan merupakan varian paling atas” ungkap Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication MBI.

Sehingga hal tersebut membuat pihak MB Indonesia menyiapkan sebuah strategi pemasaran, untuk mensukseskan varian C300 Coupe di Tanah Air.

Interior The new C-class Coupe seperti pada umumnya memiliki filosofi design dari Mercedes-benz yakni kesan sensual, yang dipadukan dengan guratan desain yang memberikan kesan emosi pada C300 Coupe tersebut. Ini merupakan desain impian, tidak hanya menawarkan kesan muda namun juga tersirat unsur maskulin.

Pengemudi dan penumpang dapat menikmati ambience layaknya pada interior C-class tipe sedan, namun ditingkatkan lagi menjadi lebih berkesan sporty dengan penambahan beberapa aksen. Salah satunya adalah bagian konsol tengah, yang penuh dengan guratan garis desain yang mengutamakan karakter kuat pada kendaraan. Juga berdesain dinamis dengan sebuah guratan garis yang terhubung mulai dari sisi pintu hingga bagian panel-panel, yang terhubung untuk mempertegas karakter agresif.

Sistem tempat duduk mengadopsi integral sports seats yang di desain secara spesifik untuk menawarkan ke-

Mercedes-benz hadirkan varian C Class Coupe di Indonesia.

nyamanan berkesan sporty pada tipe C300 Coupe ini. Belt extender otomatis juga menawarkan sisi kemudahan dan kenyamanan. Dengan pilihan bahan material berkualitas, menambah penampilan yang menyampaikan kesan mewah dan modern.

COMAND Online pada C300 Coupe menyediakan tak hanya tampilan layar lebih besar dengan resolusi 960 x 540 pixels, namun juga dilengkapi digital Tv/radio reception. Dan sebagai tambahan fitur-fitur lainnya seperti sistem navigasi, hard disk, koneksi internet dengan Wi-fi, dan voice control system.

Bagian moncong kendaraan terlihat kokoh dan maskulin, yang dilengkapi dengan diamond radiator grille serta bonnet panjang. Garis desain yang mengalir dari depan hingga ke belakang, memberi kesan kuat serta bertenaga. Dengan bentuk atap belakang yang menurun menjadi ciri khas dari kendaraan jenis coupe.

Beltline yang tinggi serta pintupintu tanpa frame, yang juga dilengkapi dengan kaca free-standing exterior semakin mempertegas karakter sporty pada C300 Coupe. Garis bersih dan sensual dimunculkan, salah satu highlights utamanya adalah garis drawn-out yang panjang merupakan tipikal seri Coupe.

Untuk mempertegas kesan sporty, suspensi the new C300 Coupe ini dibuat 15 milimeter lebih rendah dari tipe sedan, di kombinasikan dengan pelek berukuran 19 inch AMG multispoke alloy.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin 4-silinder DOHC dengan tambahan turbo, yang mampu meletupkan tenaga maksimal hingga 245 hp pada putaran mesin 5.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimalnya sebesar 370 Nm pada putaran

mesin 1.300 – 4.000 rpm. Mesin bertenaga tersebut didukung oleh transmisi otomatis 7G-tronik dengan perpindahannya yang cukup halus, sementara penambahan fitur paddle shift memberikan pengemudian yang lebih agresif.

Pengemudi dapat memilih karakter tipe berkendaranya, dengan menekan tombol Dynamic Select dapat memilih satu dari lima mode berkendara yaitu ECO, Comfort, Sport, Sport +, dan Individual.

Campur aduk rasa senang dan gugup menjadi satu, karena disinilah pertama kalinya Kami dapat mencoba varian terbaru Mercedes-benz di salah satu sirkuit F1 dan Motogp. Dan disaksikan oleh salah satu legenda F1 yaitu David Coulthard (DC) yang juga merupakan Mercedes-benz AMG ambasador.

Sebelum Kami mengemudi, DC sempat mengatakan bahwa kendaraan ini memiliki desain yang mengagumkan. DC menggunakan kendaraan Mercedes-benz C-class Estate, alasan memilih kendaraan tersebut karena cocok untuk aktivitas keluarganya. Istri dan anak, plus seekor anjing piaraannya yang selalu menempati ruang paling belakang kendaraan.

Sementara C300 Coupe menurut DC memiliki desain yang ringkas, dengan ruangan kabinnya yang cukup lega. DC pun mencoba duduk pada kursi baris kedua, dan DC puas yang menurutnya tidak terlalu sempit. Sementara ruang bagasinya cukup lega, membuat DC puas akan kendaraan C300 Coupe tersebut.

Tibalah saatnya Kami mengemudi di dalam lintasan sirkuit, instruktur telah memberikan tanda untuk memulai pengujian. Posisi duduknya yang cukup nyaman, berkat desain pada kursi pengemudinya yang cocok dengan kontur tubuh pengemudinya.

Akselerasinya cukup cepat pada

saat pedal gas Kami tekan, maklum untuk mencapai 100 kpj dari posisi diam cukup ditempuh dalam waktu 6,0 detik. Karakter mesinnya yang galak, terus memancing Kami untuk menekan pedal gas lebih dalam lagi.

Raungan mesinnya begitu khas, karena khusus untuk varian C300 Coupe ini menggunakan model dual pipe berdesain khusus. Walaupun memiliki mesin berkapasitas yang sama dengan varian C200 Coupe dan C250 Coupe, namun C300 Coupe ini memiliki keluaran tenaga dan torsinya lebih besar.

Saat melakukan manuver cepat pada sebuah belokan tajam, C300 Coupe stabil dengan handling yang cukup baik. Hal ini berkat aplikasi tipe suspensi sport yang digunakan, dengan tauter springing dan damping. 4-link axle terbaru dipadukan dengan suspensi roda memiliki peranan penting pada karakteristik kenyamanan dan handling mobil.

Sistem ini memungkinkan sporty axle kinematics untuk bekerja pada beragam grip dan stabilitas high lateral. Sebagai hasilnya, suspensi merespon dengan lebih sensitif untuk mengendalikan pergerakan kendaraan, dan tentu saja akan mempermudah anda mengemudi. Suspensi dengan sistem multi-link independent rear suspension dengan 5 link, bekerja memastikan keberadaan kualitas roda dan supremasi kestabilan di jalan lurus.

Melahap tikungan tajam bagi C300 Coupe bukan hal sulit, dengan menjaga kecepatan yang tepat Kami dapat melaluinya dengan cukup baik tanpa ada gejala over steer. Sistem pengereman dengan teknologi ABS, sangat membantu Kami untuk melakukan pengereman yang tidak terlalu kuat sambil menjaga kestabilan kendaraan di tikungan tersebut.

Dua putaran sudah, kesempatan Kami untuk mengesplorasi C300 Coupe tersebut. Secara umum kendaraan ini memiliki performa yang baik dengan kualitas handling yang baik. Dengan desainnya, turut membantu memberikan aerodinamika terbaik pada kendaraan tersebut. Kini tinggal menunggu kehadirannya di Indonesia.

Kelebihan

Karakter kendaraan ●

● Performa dan

handling

Kekurangan

Hanya tersedia ●

satu varian

Gaya khas mobil coupe

dengan bagian atap belakang yang

landai

Mesin 2.0L dengan

suntikan turbo

1. Sistem tempat duduk mengadopsi integral sports seats

2. Aksen karbon pada bagian interior menyumbangkan kesan sporty

3. Fasilitas sunroof menjadi perlengkapan standarnya

David Coulthard dan

Mark Reine

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.