Daihatsu Sirion

Target Car - - Target Editorial - Amal A. Gozali Foto-foto: Setyo Adi

Daihatsu Sirion tampil lebih sporty dengan lekukan bodi yang lebih tegas dan agresif. Fascia Sirion kini mengadopsi grille dan bumper berukuran besar dengan desain baru. Meskipun grille terlihat besar, bagian sebelah kiri grille tersebut tertutup karena posisi radiator berada di sebelah kanan. Bagian depan mendapatkan motif serat karbon yang menjembatani antara grille dan airdam. Headlamp yang mengikuti garis grille memiliki desain yang tajam serta menggunakan projector yang dipadukan dengan LED position lamp. Buritan mendapatkan desain yang juga baru, bumper belakangnya memiliki nuansa yang serupa dengan bagian depan. Dan lampu stoplamp mengadopsi mika bening dengan lampu LED. Spoiler belakang dengan stoplamp mempertegas desain sporty.

Bagian interior mendapatkan sentuhan baru, panel instrumen memiliki desain yang menarik dan memberikan informasi cukup lengkap. Lingkar kemudi terlihat sporty berkat adanya jahitan benang merah di sekelilingnya. Jahitan merah turut menghiasi jok depan dan belakang, bahkan karpet bawah. Handle pintu dalam mendapatkan nuansa serat karbon dilabur silver. Sirion menawarkan berbagai sarana penyimpanan di dalam kabin, terdapat beberapa hook yang terletak di belakang jok dengan daya angkut hingga 3 kg. Hook ini cukup berguna untuk menyimpan barang belanjaan. Selain itu, sarung jok penumpang depan didesain agar dapat menyimpan tisu yang bisa digunakan oleh penumpang belakang.

Bangku kedua menawarkan keleluasaan berkat headroom dan leg­

Penyegaran yang makin membuat Sirion semakin dinamis.

room yang memadai, serta kemiringan jok yang bisa diatur dengan dua tingkat kemiringan. Mengandalkan mesin K3­VE DOHC berteknologi VVT­I dengan kapasitas 1.298 cc. Menghasilkan tenaga puncak hingga 90 hp pada 6.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui tranmisi manual 5–speed. Konsumsi bahan bakarnya bisa dibilang memuaskan, pengujian kami mencapai 20,24 kpl untuk konsumsi luar kota dan 12,36 kpl untuk dalam kota.

Varian manual menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan. Akse sin berukuran 1.3 liter, dan roda depan sempat spin saat berpindah ke gear dua. Sayangnya, perpindahan tuas transmisi terasa keras dan pedal kopling berat, sehingga cukup melelahkan saat menghadapi kemacetan. Meski begitu, secara umum pengendaraan Sirion cukup penyenangkan, pengendaliannya pun lincah, dengan sedikit gejala understeer saat bermanuver cepat, namun masih mudah untuk mengkoreksi gejala tersebut.

Dari segi keselamatan, kini Sirion dilengkapi dengan Dual SRS Airbag bagi pengemudi dan penumpang depan. Fitur lainnya adalah Collision Resistant Body, ISO FIX, Collasible Steering Column dan Brake Pedal Assist. Sayangnya Sirion belum dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, sehingga harus ekstra waspada saat melakukan pengereman mendadak.

Kelebihan

Fun to drive

Efisiensi bahan ●

bakar

Kekurangan

Ruang bagasi ●

terbatas.

1. Bagian interior dengan sentuhan baru

2. Mesin berteknologi

VVT-I

Bumper belakangnya memiliki nuansa yang serupa dengan bagian

depan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.