Hyundai Santa Fe

Target Car - - Target Editorial - Benny Hidayat Foto: Adji & Adi

Varian Santa Fe D-spec yang dikenalkan awal tahun 2015 ini nyaris tak memiliki perbedaan signifikan dibandingkan sebelumnya. Desain headlight juga tampak tegas, dan sudah dilengkapi Xenon HID projector lamp berbentuk kotak. Lampu belakang juga berdesain tajam, lengkap dengan teknologi LED. Tambahan menarik lainnya adalah panoramic roof yang membentang dari depan hingga ke belakang. Lapisan chrome pada grille-nya sekarang mendapat sentuhan warna gelap yang membuatnya tampil lebih mewah.

Penambahan aero kit pada sekeliling body kendaraan, semakin membuatnya tampak berotot. Berdiri di atas platform monokok yang sama dengan Hyundai Sonata, desainer dan insinyur Hyundai mendesain agar bodi dan rangkanya 15 persen lebih rigid dibanding generasi sebelumnya. Menggendong mesin yang berasal dari keluarga Hyundai R Engine, mesin diesel 4-silinder 2,2 liter CRDI sudah dilengkapi turbocharger berteknologi VGT (variable geometry turbo). Teknologi tersebut yang menjamin ketersediaan dorongan turbo sejak putaran rendah. Mesin beroperasi berdasarkan injektor common rail buatan Bosch yang akan menyemprotkan bahan bakar bertekanan hingga 1.800 bar. Blok mesin dibuat dari alumunium ringan, sebagai upaya untuk menekan bobot mesin.

Untuk sebuah mobil keluarga dengan tujuh tempat duduk bermesin diesel, torsi mesinnya raksasa, hingga 445 Nm yang dapat didulangmulai 1.800 rpm. Tenaga maksimal 196 hp pada putaran mesin 3.800 rpm dilontarkan ke roda depan, melalui transmi-

Tampilannya menyiratkan sebagai kendaraan SUV masa kini.

si otomatis enam tingkat percepatan.

Masuk kebagian dalam kabin, kombinasi pemilihan warna mayoritas hitam dengan material kulit berkualitas menghadirkan kesan mewah. Desain dasbor tampak futuristik dengan penataan tombol yang cukup ergonomis. Dengan bentuk bagian tengah dashboard menyiratkan bentuk hexagonal seperti pada bagian grille depan. Bagian lingkar kemudi yang nyaman digenggam dilengkapi tombol pembantu pengaturan audio serta cruise control yang cukup mudah dioperasikan. Leg room yang cukup lega, sayangnya pada baris ketiga terasa agak sempit untuk penumpang dengan tinggi 170 cm. Bagian bagasinya yang cukup untuk menampung tiga buah tas koper berukuran sedang, namun pada saat bangku baris ketiga dilipat, maka ruang bagasinya pun akan semakin lapang.

Salah satu kelebihannya lagi, adalah memiliki kompartemen yang tersebar mulai dari depan hingga ke paling belakang. Terdapat dual airbags sebagai fungsi keamanannya, dan kendaraan ini meraih lima bintang dari lembaga EURONCAP. Namun sayangnya, harga jual baru kendaraan ini tergolong cukup tinggi jika dibandingkan rival SUV lansiran Jepang yang sama-sama bermesin diesel dan berkapasitas 7 penumpang.

Kelebihan Panoramic roof ● Mesin responsif ● Kekurangan Kursi baris ketiga ● Sistem audio ●

1. Interior minim head unit multimedia 2. Panoramic roof

Akses menuju kursi baris ketiga

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.