What's On

XY Kids - - NEWS - Alvien FOTO: S OTTA DETTE, M FO RTHESTATE

Pakai sapu dan 3 bola berbeda.

Buat yang suka nonton film Harry Potter, pasti enggak asing dengan olahraga ini. Namanya uiddit h. Ternyata, olahraga ini benaran ada di dunia nyata, lo! Apakah pemainnya bisa melayang dengan sapu terbang? Hehe.. Tentu enggak, kids! Seperti apa keseruan olahraga ini di dunia nyata? ●

TANPA SIHIR

Olahraga ini memang terinspirasi dari olahraga fiksi dalam film dan no el karya J Rowling, Harry Potter. uiddit h pertama kali di oba di dunia nyata sekitar tahun . Namun saat itu pakai nama uiddit h Muggle, untuk membedakan dengan ersi fiksi dalam film. ata Muggle berarti orang yang bukan keturunan penyihir.

Jadi artinya, olahraga ini enggak akan membuat pemainnya terbang menggunakan sapu nenek sihir, hehe. Namun untuk mempermudah penyebutan, sekarang kembali pakai nama uiddit h. Hal ini dilakukan sejak tahun , bertepatan dengan kejuaraan dunia uiddit h pertama kali digelar di Amerika Serikat.

7 PEMAIN + 1

Olahraga ini dimainkan di lapangan berukuran sekitar meter persegi. Satu tim terdiri dari pemain, yaitu seorang keeper, beaters pemain bertahan , chasers pen etak gol , dan seorang seeker. osisi seeker ukup unik, karena masuk lapangan setelah permainan berlangsung sekitar menit. Tugasnya mengambil bola yang dibawa snitch pemain tambahan .

Snitch membawa bola ke il dalam kaus kaki yang diikat di belakang pinggangnya. Tugasnya berlari menghindari kejaran seeker. Sebab kalau bolanya berhasil direbut, lawan dapat poin dan permainan selesai. Biasanya snitch dijaga oleh seorang beaters, dan pakai baju kuning. F I, snitch enggak boleh memegang bola, lo!

PAKAI SAPU

eralatan utama olahraga ini adalah sapu. Tapi belakangan, sapu jarang dipakai dalam kejuaraan internasional. emain hanya menggunakan sebatang kayu yang diapit di antara kaki. ntuk memulai pertandingan, pemain mengambil posisi di daerah gawang masing-masing. etika wasit bilang brooms up! maka pemain berlari ke tengah lapangan untuk mengambil bola. emain yang berposisi sebagai snicth, enggak menggunakan sapu, kids!

3 BOLA

niknya, di tengah lapangan ada bola. Tiga bola berjenis Bludgers, dan sebuah bola Quaffle. Bludgers dipakai untuk mengganggu lawan dengan ara melemparnya ke lawan. emain yang terkena lemparan bola, harus menjatuhkan bola yang dipegang. Quaffle hanya boleh dipegang chasers. Bola inilah yang dimasukkan pemain ke gawang lawan. F I, semua bola yang dipakai dalam keadaan kempis. Supaya enggak menyakiti pemain dan bola enggak bisa memantul di tanah.

3 GAWANG

uiddit h menggunakan gawang berbentuk lingkaran. emain yang berhasil memasukan bola Quaffle ke lingkaran tersebut dapat poin. niknya, pemain bebas memasukkan bola dari depan maupun belakang, lo! O, iya. emain enggak boleh menendang bola. emain hanya boleh membawanya pakai tangan dan melemparnya ke gawang. emain yang melakukan pelanggaran terkena kartu kuning dan enggak boleh main selama satu menit.

kedua Ada yang aneh pada foto ini. Buat mengasah 5 ketelitian, coba temukan kedua perbedaan di antara foto tersebut!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.