Karya Seni Tertua

XY Kids - - HALAMAN DEPAN -

Mural sudah ada sejak zaman purba.

K arya seni lukis pada dinding ini juga sering ditemui di ruang terbuka. Tembok-tembok seolah jadi kanvas bagi para seniman mural. Ternyata zaman dulu, karya mural enggak cuma ada di ruang publik, tapi juga ada di tempat ibadah, lo! ● Alvien FOTO: ALVIEN

MURAL ITU …

Menurut Kak Ade Darmawan, Direktur Ruangrupa, mural salah satu karya seni tertua. Bahkan keberadaannya lebih dulu ada dibandingkan graffiti, lo!

“Kalau ngomongin mural, dari zaman manusia purba juga sudah ada mural. Ceplakan tangan di gua-gua purba itu bisa dibilang mural. Kalau sekarang, mungkin mural lebih dikenal sebagian wall painting, yang menjadikan tembok atau media besar lainnya sebagai pengganti kanvas,” ujar Kak Ade.

KARYA MURAL DIBUAT DI …

Sebelum populer seperti sekarang, mural banyak ditemui di tempat ibadah, lo!

“Dulu banyak gereja-gereja yang dindingnya ada banyak mural. Kalau sekarang, mungkin kita lebih banyak melihatnya pada tembok pinggir jalan atau taman. Tapi sebenarnya, banyak ‘kanvas’ lainnya, kayak bus atau kereta juga banyak dibikin mural dengan gambar karakter lucu-lucu,” ucap Kak Ade.

ALAT YANG DIGUNAKAN

1. Cat tembok 2. Cat semprot 3. Kuas 4. Kapur

CARA BIKIN

Cara bikin mural hampir sama kayak graffiti. Biasanya, sebelum kita menggambar di tembok, kita bikin dulu sketsa gambar yang mau dibuat di kertas. Lalu bikin pola garis dasar menggunakan kapur, dilanjutkan dengan cat sesuai tema yang akan kita buat.

TIPS

Jangan ragu mencoba bikin karya seni, kids. Kita bisa memulainya dengan cara yang mudah, yaitu mencontoh.

“Untuk yang baru mulai dan enggak punya basic menggambar, bikin saja dengan membuat bentuk lingkaran, kotak, dan garis-garis. Karena semua bentuk berawal dari ketiga bentuk itu,” kata Kak Ade.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.